detikNews
Jumat 13 Juli 2018, 17:42 WIB

PPDB Jalur NHUN, 123 Ribu Siswa Diterima di SMAN/SMKN di Jabar

Mochamad Solehudin - detikNews
PPDB Jalur NHUN, 123 Ribu Siswa Diterima di SMAN/SMKN di Jabar Foto: Tangkapan layar website ppdb.jabarprov.go.id
Bandung - Sebanyak 123 ribu siswa lulusan SMP diterima di SMA dan SMK negeri dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2018 melalui jalur Nilai Hasil Ujian Nasional (NHUN). Siswa yang mendaftar sebanyak 157 ribu orang. Artinya 34 ribu siswa tidak lolos.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Ahmad Hadadi mengungkapkan pada tahun ini Disdik Jabar menggelar PPDB tingkat SMA melalui dua jalur. Jalur non NHUN dan NHUN.

Untuk jalur non NHUN pihaknya telah mengumumkan jumlah siswa yang diterima sebanyak 121 ribu anak. Sementara untuk jalur NHUN telah diumumkan pada 12 Juli dengan jumlah siswa yang diterima sebanyak 123 ribu anak.

"Sehingga totalnya untuk PPDB tahun ini di Jawa Barat ada sebanyak 244 ribu orang yang diterima di SMA dan SMK negeri di Jabar," kata Hadadi, dalam rilis yang diterima, Jumat (13/7/2018).



Hadadi mengungkapkan, pengumuman jalur NHUN dilakukan lebih pagi dibanding pengumunan jalur non NHUN. Pasalnya, kata Hadadi, PPDB jalur NHUN tidak melalui proses verifikasi terlebih dulu.

"Untuk jalur NHUN, setelah data diinput langsung diseleksi. Sedangkan untuk jalur non NHUN ada proses verifikasi dan kompetensi," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia PPDB Jabar 2018 Firman Adam mengatakan, setelah proses pengumuman ini pada siswa yang dinyatakan diterima di SMA dan SMK negeri dapat melakukan daftar ulang pada tanggal 13 dan 14 Juli mendatang.
(mso/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com