detikNews
Kamis 28 Juni 2018, 17:16 WIB

Digerebek Warga, Gudang di Sukabumi Simpan 7.200 Botol Miras

Syahdan Alamsyah - detikNews
Digerebek Warga, Gudang di Sukabumi Simpan 7.200 Botol Miras Warga menemukan botol miras di dalam gudang. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Sebuah gedung di Sukabumi digerebek puluhan warga. Ribuan botol minuman keras (miras) ditemukan warga di dalam gudang.

Warga tiba-tiba merangsek ke dalam gudang yang berlokasi di Jalan Raya Sukabumi-Cianjur, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (28//6/2018) pagi. Mereka mengambil beberapa dus berisi miras.


Dus-dus tersebut dibuka dan dikeluarkan. Setelah itu, warga menumpahkan isi botol sehingga bau alkohol menyengat di sekitar lokasi.

Terbongkarnya gudang miras ini bermula dari kecurigaan warga soal adanya truk besar yang kerap hilir mudik di tempat tersebut. Truk dalam keadaan tertutup masuk ke bangunan besar itu.

"Kami mengamati sudah ada dua hari ini ada sekitar enam truk bak tertutup masuk ke dalam gudang. Datangnya malam, sekitar jam sebelas, karena curiga warga hari ini sengaja datang dan membuktikan sendiri kalau tempat ini dijadikan penyimpanan miras," tutur Bambang (48), salah satu warga, kepada awak media.

Digerebek Warga, Gudang di Sukabumi Simpan 7.200 Botol MirasKapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo memperlihatkan dus berisi botol miras. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Saat kedatangan warga, sejumlah pegawai gudang terlihat tengah aktivitas bongkar muat. Pekerja gudang hanya pasrah saat dus miras diambil dan dibuka paksa warga. Warga melaporkan temuannya kepada polisi.

"Warga menginformasikan hal itu, berkat laporan warga kami dan jajaran berhasil mengamankan ratusan dus berisi miras dan kendaraan pengangkutnya," ucap Kapolsek Sukaraja Kompol Hasan.


Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo menjelaskan anggotanya sudah menyita 600 dus berisi botol miras dan enam unit truk. Selain itu, gudang miras sudah dipasang garis polisi.

"Ini masih bagian dari Operasi Mantap Praja yang tergelar. Begitu mendapat informasi dari masyarakat, personel kita bergerak dan melakukan penyitaan terhadap 600 dus berisi 7.200 botol miras," kata Susatyo di Mapolres Sukabumi Kota.

Digerebek Warga, Gudang di Sukabumi Simpan 7.200 Botol MirasSelain ribuan botol miras, aparat berwajib menyita sejumlah truk. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Polisi masih menyelidiki perkara ini. Sang pemilik gudang miras terancam berurusan dengan hukum karena melanggar Perda Kabupaten Sukabumi Nomor 7 Tahun 2015 tentang Minuman Beralkohol.

"Ancamannya 5 bulan atau pidana denda paling banyak 40 juta rupiah rupiah. Namun tidak menutup kemungkinan akan menjerat dengan Undang-Undang lainnya untuk memperberat terkait dengan peredaran minuman beralkohol. Karena kita ketahui, baik Pemkot Sukabumi dan Pemkab Sukabumi, memiliki aturan soal zero alkohol," tutur Susatyo.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed