DetikNews
Minggu 17 Juni 2018, 22:13 WIB

H+2 Lebaran, Penumpang Kereta Keberangkatan Cirebon Melonjak

Sudirman Wamad - detikNews
H+2 Lebaran, Penumpang Kereta Keberangkatan Cirebon Melonjak Stasiun Kiaracondong. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - H+2 Lebaran 2018, jumlah penumpang kereta api yang berangkat dari Cirebon menuju Jakarta dan Jawa melonjak. Grafiknya meningkat dibandingkan tahun lalu.

Dari data yang ada di PT KAI Daop 3 Cirebon, hingga pukul 17.00 WIB petang tadi, jumlah penumpang yang diberangkatkan dari seluruh stasiun yang berada di wilayah Daop 3 Cirebon mencapai 9.981 penumpang. Sedangkan, tahun lalu pada H-2 Lebaran hanya mencapai 8.782 penumpang.

"Hingga sore ini sudah mencapai 9.981 penumpang. Kita prediksi hari ini puncak arus balik keberangkatan penumpang dari stasiun yang ada di Cirebon," kata Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro saat ditemui detikcom di Stasiun Cirebon, Minggu (17/6/2018).


Kris menyebutkan jumlah penumpang pada H+2 ini lebih besar dibandingkan dengan H+1 yang mencapai 7.563 penumpang. Ia mengatakan lonjakan penumpang terjadi karena H+2 bertepatan dengan akhir pekan. Terlebih lagi, sambung Kris, batas cuti libur Lebaran hingga 20 Juni mendatang.

"Mereka memilih balik pada H+2 karena bisa rehat dulu pas sampai tujuan. Tidak terlalu mepet dengan waktu kerja," katanya.

Lebih lanjut, Kris menuturkan, lonjakan penumpang akan terus terjadi hingga 20 Juni. Sebab, lanjut dia, sejak 17 hingga 20 Juni tiket kereta api keberangkatan asal Cirebon sudah ludes terjual.

"Tanggal 21 Juni masih ada, keberangkatan pukul 21.15 WIB sisa 90 kursi. Tanggal 22 Juni juga masih banyak. Yang ludes itu hari ini hingga tanggal 21 Juni mendatang," kata Kris.


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed