Buruh Belum Muncul, 1.200 Petugas Tetap Amankan Gedung Sate

Tri Ispranoto - detikNews
Selasa, 01 Mei 2018 10:36 WIB
Suasana halaman Gedung Sate/Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Massa buruh yang rencananya akan memperingati Hari Buruh di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung hingga Selasa (1/5/2018) siang masih belum terlihat.

Pantauan detikcom belum ada tanda-tanda massa berkumpul untuk melakukan aksi. Di sekitar Gedung Sate hanya terlihat sekumpulan warga yang baru selesai olahraga di Lapangan Gasibu.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo mengatakan untuk pengamanan kali ini pihaknya mengerahkan 1.200 personel gabungan TNI dan Polri yang sudah bersiaga sejak pagi hari.

"Semua unsur kita libatkan mulai dari Sabhara, Brimob, Reskrim, Intelkam, Lantas termasuk dari teman-teman TNI," ujar Hendro di Gedung Sate.
Buruh Belum Muncul, 1.200 Petugas Tetap Amankan Gedung SateFoto: Tri Ispranoto

Hendro mengatakan dalam prosesnya nanti pengamanan akan dibagi menjadi tiga ring. Mulai dari penjagaan lalu lintas Gedung Sate, pengamanan halaman Gedung Sate dan terakhir pengetatan di dalam Gedung Sate.

"Kita harapkan semua berjalan kondusif. Massa buruh tertib, dan anggota di lapangan berlaku persuasif," katanya.

Hingga pukul 10.20 WIB massa masih belum berdatangan ke lokasi aksi. Di sekitar lokasi hanya terlihat sejumlah anggota kepolisian berseragam dan berpakaian preman yang berjaga.

Sementara itu arus lalu lintas di sekitar Gedung Sate masih terlihat sepi dan normal. Rencananya jalan baru akan ditutup jika massa sudah mulai berdatangan dan melakukan aksi di halaman Gedung Sate. (avi/avi)