DetikNews
Rabu 25 April 2018, 22:38 WIB

Longsor dan Banjir Bandang Terjang Cianjur Selatan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Cianjur - Longsor dan banjir menerjang dua kecamatan di wilayah Cianjur Selatan, Jabar, Rabu (25/4/2018). Belum ada informasi korban jiwa akibat kejadian ini.

"Ada tiga rumah terkena longsoran, penghuni selamat. Longsoran juga terjadi di sepanjang jalan raya penghubung Kecamatan Naringgul dan Cidaun," kata Firman, warga Kecamatan Naringgul melalui sambungan telepon dengan detikcom.

Tiga rumah itu berada di Kampung Datargadog, Desa Wangunjaya, Kecamatan Naringgul.

Sementara itu banjir bandang juga melanda Kecamatan Cidaun akibat meluapnya sungai Cidamar. Perkampungan warga, fasilitas umum dan jalan raya tergenang akibat peristiwa itu.

"Banjir sempat menggenangi perkampungan warga, posisi paling parah di Kampung Limbangan, air sempat naik dan menggenangi rumah warga. Namun sore tadi air sudah mulai surut," tutur Rustandi warga Kecamatan Cidaun.

Kepala Pelaksana BPBD Cianjur, Doddy Permadi mengaku belum memiliki data lengkap paska kejadian bencana di wilayahnya. Pihaknya baru akan melakukan pendampingan pada Kamis (26/4/2018) besok.

"BPBD besok akan ke lokasi, data sementara kejadian bencana ada di Naringgul, Leweng Wangun, Wangunjaya," singkatnya.

Dihubungi terpisah, Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah menjelaskan sudah memerintahkan anggota dari Polsek di lokasi kebencanaan untuk melakukan pemantauan dan pendampingan kepada warga.

"Kapolsek saya terjebak tidak bisa pulang arah di area longsoran di Jalan Raya Naringgul - Cidaun, beliau baru selesai melakukan pengamanan kampanye salah satu calon. Di tempat itu tebing setinggi 75 meter menutup badan jalan dengan lebar longsoran 100 meter," jelas Soliyah.

Saat ini ditambahkan Soliyah anggotanya itu sedang menunggu kedatangan alat berat untuk melakukan evakuasi material longsoran. " Arus jalan tertutup total tidak bisa dilalui kendaraan roda 4, roda 2 dan jalan kaki. Untuk banjir saya sudah menugaskan Kapolsek Cidaun untuk melakukan pendataan," tandas dia.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed