DetikNews
Sabtu 21 April 2018, 19:13 WIB

Kapolri : TNI - Polri akan Solid Sampai Kiamat

Mukhlis Dinillah - detikNews
Kapolri : TNI - Polri akan Solid Sampai Kiamat Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Tito Karnavian memberikan pengarahan kepada ribuan prajurit di Jabar dan Banten. Kedua institusi keamanan tersebut berjanji akan solid hingga kiamat.

Hadi mengatakan pengarahan ini merupakan bagian dari roadshow bersama Kapolri dalam rangka memperkuat soliditas dan sinergitas. Terutama dalam menjaga netralitas saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 dan pemilu 2019.

"Apa yang disampaikan beberapa terkait soliditas dan sinergitas antara TNI Polri tujuannya bersatu supaya terjadi netralitas saat pelaksanaan pilkada serentak dan tahapan pemilu 2019," kata Hadi di Grand Ballroom Sudirman, Kota Bandung, Sabtu (21/4/2018).

Menurutnya soliditas TNI dan Polri ini sangat penting untuk menyamakan pola pikir, tindak dan sikap selama pelaksanaan pesta demokrasi di Indonesia. Sehingga, sambung dia, terwujud pilkada yang aman dan sukses.

"Diharapkan pilkada semua sesuai dengan yang kita harapkan yaitu berhasil dan sukses," ungkap dia.

Tito dalam pengarahan kali ini menekan kepada prajurit TNI dan Polri untuk tidak berpolitik praktik. Ia meminta prajurit TNI dan Polri untuk bersatu mengamankan pesta demokrasi.

Tidak hanya urusan Pilkada, ia berharap soliditas ini juga tetap terbangun dalam beberapa agenda besar tanah air. Di antaranya Asean Games, Idul Fitri dan agenda besar lainnya.

"Tentu soliditas ini akan terus ditingkatkan dan dijaga sampai kapan pun, sampai kiamat. Sehingga semua agenda asean games, lebaran, dan agenda besar ke depan kita dapat berperan menjaga NKRI utuh dan maju," tutur Tito

Jendral bintang empat ini menegaskan tidak hanya menjaga keutuhan NKRI, TNI dan Polri juga akan mengangkat bangsa menjadi yang terdepan di kawasan Asean.

"Kami siap jadi motor utama dalam rangka mengangkat bangsa Indonesia jadi mendominasi di tingkat kawasan, bukan bangsa yang didominasi bangsa lain," ujar Tito.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed