5.000 Ribu Nelayan di Jabar Diasuransikan Ditpolairud Polda

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 28 Mar 2018 12:49 WIB
Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Pada triwulan pertama tahun ini, Ditpolairud Polda Jawa Barat sudah membagikan asuransi jiwa kepada 5.000 nelayan di Jawa Barat.

Dirpolairud Polda Jawa Barat Kombes Pol A Widi Handoko mengatakan sejak Januari hingga Maret,sebanyak 4.500 nelayan telah mendapatkan asuransi jiwa. Hari ini, Rabu (28/3/2018), pihaknya membagikan 500 asuransi jiwa kepada nelayan di Kota Cirebon.

"Kalau ditambah dengan yang sebelumnya, hari ini kan 500 jadi 5.000 nelayan yang sudah mendapatkan asuransi. Rencana ke depan kita akan tambah 1.000 lagi untuk nelayan yang ada di Pangandaran," kata Handoko saat ditemui detikcom usai acara pembinaan terhadap nelayan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan, Kota Cirebon.

Program asuransi jiwa terhadap nelayan, lanjut dia, merupakan program wajib dari Polair dengan memanfaatkan CSR dari sejumlah perusahaan. Tujuannya, sambung Handoko, untuk mengcover dan melayani keluarga nelayan yang ada di Jawa Barat.

"Premi per tahunnya itu Rp 50 ribu per jiwa, itu dibayarkan melalui CSR. Kita ingin nelayan ini betul-betul dilayani, agar ketika terjadi apa-apa bisa dicover oleh asuransi," katanya.

Sepanjang triwulan pertama tahun ini, dikatakan Handoko, pihaknya menerima laporan dua nelayan yang meninggal dunia dan mendapatkan klaim asuransi. Menurut Handoko, untuk nelayan yang meninggal dunia mendapatkan klaim asuransi sebesar Rp 10 juta.

"Kalau untuk yang kecelakaan mendapatkan luka ringan itu maksimal mendapatkan klaimnya Rp 1 juta. Nah, kalau kecelakaan di laut sih belum ada. Kalau nelayan yang meninggal dunia ada dua, bukan saat melaut," tutupnya. (ern/ern)