DetikNews
Sabtu 17 Maret 2018, 16:57 WIB

Daftar Pemilih Sementara Pilgub Jabar Sebanyak 31.708.330

Mochamad Solehudin - detikNews
Daftar Pemilih Sementara Pilgub Jabar Sebanyak 31.708.330 Pilgub Jabar/Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo
Bandung - Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat menyebut jumlah daftar pemilih sementara (DPS) pada Pilgub Jabar 2018 sebanyak 31.708.330 juta pemilih. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6 juta data pemilih masih harus divalidasi kembali.

Komisioner KPU Jabar Ferdhiman Bariguna menjelaskan, dari hasil rapat pleno yang dilakukan KPU Jabar diputuskan DPS pada Pilgub Jabar sebanyak 31.708.830 pemilih. Data ini masih akan terus disempurnakan untuk nantinya ditetapkan sebagai daftar pemilih tetap (DPT).

"DPS itu sebanyak 31 juta lebih. Data ini akan terus diperbaiki karena dari data yang ada 25 juta yang telah masuk ke dalam DPS sudah 100 persen (valid), nah 6 juta lagi masih mengandung unsur kesalahan dari data penduduknya. Seperti salah nama, alamat dan lain-lain," kata Ferdhiman, saat dihubungi, Sabtu (17/3/2018).

Dia mengungkapkan, dalam satu bulan ke depan proses validasi data akan dilakukan. Pihaknya akan melaporkan DPS ini kepada KPU RI untuk dilakukan validasi. Karena khawatir ada ada daftar ganda yang tercantum dalam DPS.

Selain itu, pihaknya juga akan mendorong Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Jabar dan juga kabupaten kota untuk kembali mendata warga yang belum memiliki E-KTP. Karena berdasarkan data terakhir masih ada sekitar 900 ribu pemilih yang belum memiliki E-KTP.

"DPS akan terus kita kita perbaiki. Pertama yang belum masuk DPS, yang belum E-KTP akan diserahkan ke KPU. Kedua kita akan sampaikan DPS ini ke KPU RI untuk dicek data gandanya," kata Ferdhiman.

Dia memperkirakan, jumlah DPT untuk Pilgub Jabar 2018 ini kurang lebih sebanyak 32 juta pemilih. "Jumlah pemilih di masa akhir penetapan DPT sekitar 32 juta. Karena 1 juta ini akan masuk diberi Suket atau diberi E-KTP," tandasnya.



(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed