Bank Mega Tinjau Perbaikan Bangunan SMK PGRI Lembang

Rachmadi Rasyad - detikNews
Jumat, 02 Mar 2018 16:04 WIB
Direktur Utama Bank Mega Kostaman Thayib mengunjungi SMK PGRI Lembang. (Foto: Rachmadi Rasyad/detikcom)
Direktur Utama Bank Mega Kostaman Thayib mengunjungi SMK PGRI Lembang. (Foto: Rachmadi Rasyad/detikcom)
Bandung Barat - Kepala Sekolah SMK PGRI Lembang Haryati nampak terharu. Sekolahnya mendapat atensi dari Bank Mega. Kini Haryati serta seluruh anak didiknya merasakan kenyamanan dalam kegiatan belajar dan mengajar.

Bank Mega turun tangan merenovasi bangunan SMK PGRI Lembang yang berlokasi di Jalan Barulaksana, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Melalui program Mega Berbagi renovasi yang digulirkan antara lain empat kelas, toilet laki-laki dan perempuan, musala, dan perpustakaan.

"Bantuan Mega Berbagi sangat bermanfaat sekali untuk sekolah. Soalnya, sekolah kami dulu tidak begitu layak," ucap Haryati di SMK PGRI Lembang, Jumat (2/3/2018).

Dia merespons positif program yang diusung Bank Mega. "Kebetulan perbaikan ini bersamaan dengan program akreditasi sekolah yang berlangsung pada bulan Desember. Jadi, sekolah yang asalnya nilai B, jadi A," tutur Haryati.

Bank Mega bersama perwakilan nasabah domisili di Bandung dan Lembang berkesempatan menyambangi sekolah tersebut yang telah rampung renovasi sejak November 2017. Rombongan dipimpin langsung Direktur Utama Bank Mega Kostaman Thayib yang didampingi Kepala Bank Mega Regional Bandung Rika Rahayu Begawan.

"Program ini bertujuan untuk memberantas kemiskinan karena melalui pendidikan Indonesia akan lebih baik," ucap Kostaman.

Bantuan yang diberikan Bank Mega, sambung dia, hingga kini telah memasuki tahap kedua. Sebelumnya, pada tahap pertama, program tersebut menyasar pada tiga sekolah di Jawa Barat, satu diantaranya di Pangalengan yang terkena dampak gempa pada 6 November 2016.

Dana dihimpun dari program tersebut berasal dari satu persen bunga yang diperoleh nasabah ditambah satu persen oleh Bank Mega. "Saldo yang telah dihimpun sampai sekarang berjumlah 800 miliar rupiah dengan jumlah nasabah tabungan Mega Berbagi hampir 70 ribu. Sementara dana donasi terhimpun sekitar 80 miliar rupiah," ujar Kostaman.

Melalui Tabungan Mega Berbagi ini diharapkan ke depannya semakin banyak nasabah bergabung. "Mudah-mudahan ada orang yang tergerak hatinya untuk ikut menabung dan berbagi. Untuk tahun ini, targetnya semoga meningkat 20 persen," tutur Kostaman.

Pada tahap selanjutnya, Bank Mega menginginkan bukan hanya membangun sarana dan pra sarana, tetapi juga menyediakan sarana pelatihan bagi guru-guru agar lebih berkualitas. (bbn/bbn)