Hutan Tersisa 8,9 Persen, 125 Juta Pohon akan Ditanam di Hulu Citarum

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 02 Mar 2018 13:12 WIB
Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Kodam Siliwangi berencana menanam 125 juta bibit pohon di kawasan hutan di area Sungai Citarum. Saat ini lahan hutan yang tersisa hanya 8,98 persen dari seharusnya 30 persen.

Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo mengatakan saat ini lahan hutan di sepanjang Sungai Citarum terbilang kritis. Saat ini lahan hutan tersisa hanya 8,98 persen dari seharusnya 30 persen.

"Ironinya bukan kawasan milik Perhutani atau PTPN yang berubah, sekarang hampir semuanya sudah menjadi area kebun wortel dan kentang," ucap Doni di Jalan Kiputih, Kota Bandung, Jumat (2/3/2018).

Selain itu, kata Doni, hutan konservasi milik Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) juga telah berubah. Dari 1.000 hektare lahan hutan, berubah fungsi menjadi kebun.

"Ini yang dipertanyakan kenapa bisa (berubah fungsi). Hutan konservasi jangankan ditebang, masuk saja seharusnya tidak boleh," ungkapnya.

Guna mengembalikan fungsi lahan hutan, pihaknya sudah menyiapkan program pembibitan. Aneka bibit pohon dari pohon saninten, mangled, pupsa, rasamala hingga aren ditanam di kawasan hutan yang telah berubah fungsi.

"Ada 125 juta pohon yang harus tumbuh untuk mengembalikan kawasan hutan yang kritis dan sangat kritis menjadi hutan konservasi, lindung dan produksi," tuturnya.

Kapendam Kolonel M Desi Ariyanto mengatakan upaya pengembalian fungsi hutan ke fungsi semula sudah mulai dilakukan. Pihaknya telah menanam aneka bibit pohon di area seluas dua hektare, sudah ditanami 300 bibit pohon beraneka jenis.

"Lahan yang sekarang, akan terus bertambah dan akan terus kita tanami pohon," ucapnya. (ern/ern)