DetikNews
Jumat 23 Februari 2018, 13:30 WIB

Banjir di Cirebon, Ribuan Warga Mengungsi

Sudirman wamad - detikNews
Banjir di Cirebon, Ribuan Warga Mengungsi Warga terdampak banjir di Cirebon mengungsi di lokasi yang disiapkan pemerintah. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Ribuan warga yang rumahnya terendam banjir di delapan kecamatan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terpaksa mengungsi. Salah satu pos pengungsian sementara di Alun-alun Kecamatan Ciledug dipadati warga terdampak banjir.

Tak ada barang-barang berharga di pos pengungsian itu. Warga hanya membawa pakaian yang ia kenakan. Pasalnya, banjir yang merendam delapan kecamatan itu datang begitu cepat.

Muniroh (50) warga Blok Kebon Awi Desa Ciledug Wetan, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon mengaku sejak pukul 00.00 WIB mengungsi di Alun-alun Kecamatan Ciledug. Muniroh merasa khawatir dengan kondisi rumahnya.

"Sejak malam tadi mulai ngungsi. Air tuh langsung tinggi, bahkan sampai ke genting rumah," ucapnya saat ditemui detikcom di pos pengungsian, Jumat (23/2/2018).


Ia mengaku tak membawa barang apapun selain pakaian yang ia kenakan. Banjir yang Kecamatan Ciledug disebabkan meluapnya Sungai Cisanggarung dan Cijangkelok. "Semoga cepat surut airnya, biar bisa beres-beres rumah," katanya.

Di tempat yang sama, Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cirebon Eman Sulaeman mengatakan pihaknya saat ini belum menyediakan tempat pengungsian. Namun, karena kondisi darurat, sambung Eman, warga yang terdampak banjir langsung diungsikan sementara ke alun-alun, balai desa, dan masjid.

"Rencana kita akan tambah tempat pengungsian. Kita juga distribusikan makanan siap saji, seperti roti, nasi bungkus dan lainnya," katanya.

Sebanyak 20.000 rumah di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terendam banjir. Banjir yang merendam 20.000 rumah itu disebabkan intensitas curah hujan yang tinggi dan meluapnya dua sungai.

Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cirebon Eman Sulaeman menyebutkan dua sungai yang meluap yakni Sungai Cisanggarung dan Cijangkelok. Sebanyak delapan kecamatan di Kabupaten Cirebon yang terkena dampak luapan sungai. Kedelapan kecamatan itu, yakni Losari, Ciledug, Pasaleman, Pabuaran, Pabedilan, Waled, Pangenan, dan Gebang.

"Dari data yang ada sekitar 20.000 rumah yang terendam. Hampir 90 persen wilayah Timur Cirebon terendam banjir," ucap Eman saat ditemui di Desa Ciledug Wetan, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed