DetikNews
Jumat 23 Februari 2018, 11:24 WIB

Jemput Bola Bikin SIM ke Pelosok , Polres Garut Luncurkan Simade

Hakim Ghani - detikNews
Jemput Bola Bikin SIM ke Pelosok , Polres Garut Luncurkan Simade Foto: Hakim Ghani
Garut - Warga yang tinggal di pelosok daerah Garut, Jawa Barat, kini tak perlu jauh-jauh datang ke kantor polisi untuk membuat Surat Izin Mengemudi (SIM). Polisi kini membuka layanan baru yang dinamai SIM Masuk Desa (Simade).

Simade merupakan layanan terbaru yang diluncurkan Polres Garut. Program ini dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus SIM.

"Sekarang warga yang akan membuat SIM tidak harus datang ke polres. Kami yang jemput bola," ungkap Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna kepada wartawan di Mapolres Garut, Jalan Sudirman, Karangpawitan, Jumat (23/2/18).

Peluncuran Simade ini, sambung Budi, awalnya didasari dari letak geografis Garut yang berjauhan, antara satu kecamatan ke kecamatan lainnya. Bahkan, warga yang bermukim di kawasan Garut selatan perlu menempuh jarak ratusan kilometer untuk tiba di Mapolres Garut.

"Garut ini sangat luas, kalau warga selatan datang ke sini keburu tutup, itu juga belum tentu lulus," katanya.

Simade melayani pembuatan SIM baru dan perpanjangan. Simade akan menjangkau desa-desa di 42 kecamatan yang ada di Garut, terutama di wilayah Garut selatan.

Budi juga menjelaskan, sistem pelayanan Simade sesuai prosedur. Di dalamnya terdapat pemeriksaan kesehatan, uji teori dan praktik. Termasuk proses pemotretan serta pencetakan SIM seperti pembuatan SIM yang berlangsung di kantor polisi.

"Petugas pelayanan akan membawa kendaraan khusus dilengkapi peralatan membuat SIM. Ada dua mobil yang akan masuk ke desa-desa yang meminta untuk membuat SIM," pungkasnya.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed