DetikNews
Rabu 24 Januari 2018, 14:22 WIB

Samdong Samsat Garut Siap Layani Masyarakat Hingga ke Pelosok

Hakim Ghani - detikNews
Samdong Samsat Garut Siap Layani Masyarakat Hingga ke Pelosok Samsat Gendong Garut/Foto: Hakim Ghani
Garut - Kepolisian Resor Garut dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) meluncurkan Samdong atau Samsat Gendong. Tujuannya, untuk mempermudah para wajib pajak untuk membayar kewajibannya.

"Garut ini kan luas. Kasihan masyarakat kalau harus datang ke sini, ngantre pula. Untuk itu kita jemput bola," ungkap Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna kepada wartawan di Kantor Samsat Garut, Jalan Suherman, Tarogong Kaler, Rabu (24/1/18).

Ide peluncuran Samdong ini muncul setelah melihat letak geografis Garut. Budi menjelaskan, dari 42 kecamatan yang ada di Garut letaknya saling berjauhan.

"Jadi Samdong ini akan turun langsung ke desa-desa, sesuai permintaan," katanya.

Satu tim Samdong terdiri dari 2 orang, yaitu petugas Samsat dan polisi. Sistem pembayaran pajak nantinya akan langsung ditransfer ke bank pilihan.

Dalam menjalankan aksinya, tim Samdong membawa peralatan lengkap pelayanan pembayaran pajak seperti printer dan komputer.

"Selain untuk mempermudah dan tidak perlu nunggu lama, ini juga untuk menghindari pungutan liar," ujar Budi.
  Samdong Samsat Garut Siap Layani Masyarakat Hingga ke PelosokFoto: Hakim Ghani

Selain meluncurkan Samdong, Samsat Garut juga memperkenalkan fasilitas baru di kantornya berupa ruangan khusus bermain anak, ruangan membaca dan tempat ibu menyusui.

"Setiap yang datang (ke samsat) pasti identiknya penuh, antre sama nunggu. Kita sekarang berikan fasilitas pendukung agar pengunjung tidak jenuh. Ada permainan juga untuk anak-anak yang ikut orang tuanya," pungkas Budi.


(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed