DetikNews
Kamis 18 Januari 2018, 15:49 WIB

7 Plt Isi Kekosongan Kepala Daerah di Jabar yang Ikut Pilkada

Mukhlis Dinillah - detikNews
7 Plt Isi Kekosongan Kepala Daerah di Jabar yang Ikut Pilkada Foto: Ilustrasi Pilgub Jabar. (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Bandung - Pemprov Jabar akan menyiapkan tujuh orang pelaksana tugas (Plt) untuk mengisi kekosongan pemerintahan akibat ditinggalkan pucuk pimpinannya berlaga di Pilkada Serentak 2018. Mereka akan mulai bertugas pada pertengahan Februari.

Ketua Desk Pilkada Jabar Iwa Karniwa mengatakan ada 19 kepala daerah dari 9 kabupaten dan 6 kota yang mencalonkan diri pada Pilkada Serentak 2018. Mereka terdiri dari 8 bupati (Tasikmalaya, Kuningan, Subang, Garut, Cirebon, Sumedang, Ciamis, dan Purwakarta).

Selain itu, tutur dia, 3 wakil bupati (Garut, Majalengka, dan Ciamis), 5 wali kota (Cirebon, Banjar, Bogor, Bekasi, dan Bandung), serta 3 wakil wali kota (Bekasi, Sukabumi, dan Bandung).

"Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 74 Tahun 2016, 19 orang petahana dimaksud telah mengajukan permohonan cuti di luar tanggungan negara (cuti kampanye)," kata Iwa dalam Rakor Desk Pilkada Jabar di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (18/1/2018).

Menurut Iwa, hanya ada 7 daerah kabupaten dan kota yang membutuhkan Plt. Sementara 8 daerah lainnya, hanya kepala daerah atau wakil kepala daerahnya saja yang mencalonkan diri di Pilkada Serentak 2018.

"Butuh Plt itu kalau kepala atau wakilnya juga maju. Kalau cuma kepalanya saja, wakilnya bisa menggantikan. Sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah," tutur Iwa.

Ia menjelaskan daerah-daerah yang akan digantikan oleh Plt yakni Kota Cirebon, Subang, Garut, Kota Bekasi, Sumedang, Ciamis, Kota Bandung. "Penggantinya nanti dari pejabat pimpinan tinggi pratama Pemprov Jabar atau Kementerian Dalam Negeri," kata Iwa.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed