DetikNews
Rabu 03 Januari 2018, 15:40 WIB

KPU Jabar Verifikasi 32,5 Juta Pemilih untuk Pilgub Jabar

Mochamad Solehudin - detikNews
KPU Jabar Verifikasi 32,5 Juta Pemilih untuk Pilgub Jabar Foto: Tri Ispranoto
Bandung - KPU Jabar akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk Pilgub Jabar sebanyak 32,5 juta orang pada 20 Januari mendatang.

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat menuturkan pihaknya telah menerima DP4 dari KPU RI sebanyak 32,5 juta pemilih. Selanjutnya, DP4 itu akan diserahkan ke kabupaten/kota untuk membuat daftar pemilih sementara (DPS).

"Setelah itu diserahkan ke PPDP (Petugas Pemutahiran Data Pemilih) untuk dimutahirkan," kata Yayat, saat ditemui di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Rabu (3/1/2018).

Setelah proses itu selesai, pihaknya memperkirakan pada April mendatang Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilgub Jabar sudah diketahui. "Sekitar April DPT untuk Pilgub Jabar baru bisa ditetapkan oleh KPU Jabar," ucap Yayat.

Akan tetapi Yayat belum bisa memprediksi angka DPT untuk Pilgub Jabar nanti. Karena dia mengaku belum tahu berapa jumlah pemilih potensial yang belum terdaftar dalam DP4.

"Barangkali ada yang belum terdaftar. Jadi kemungkinan bertambah atau berkurangnya (tergantung) hasil dari kerja PPDP dan coklit. Saya tidak berani untuk memprediksi apa akan berkurang atau bertambah (jumlah DPT-nya)," ucap Yayat.

Dia menambahkan, proses pemutahiran berupa pencocokan dan penelitian baru akan dimulai pada 20 Januari mendatang. "Untuk pemutahiran data pemilihnya akan dimulai 20 Januari ini," tandasnya.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed