DetikNews
Rabu 20 Desember 2017, 14:18 WIB

Pilgub Jabar 2018

PPP dan PKB Ancam Hengkang, NasDem Bertahan Dukung Ridwan Kamil

Mukhlis Dinillah - detikNews
PPP dan PKB Ancam Hengkang, NasDem Bertahan Dukung Ridwan Kamil Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Berbeda dengan PKB dan PPP yang mengancam hengkang apabila kadernya tidak terakomodir, NasDem memilih setia dengan Ridwan Kamil. NasDem menyerahkan sepenuhnya soal cawagub kepada Wali Kota Bandung tersebut.

PKB mengusulkan kadernya Maman Imanulhaq dan Syaiful Huda untuk mendampingi Ridwan Kamil. Sementara PPP menyodorkan Uu Ruzhanul Ulum dan Asep Mosul. Sementara Nasdem ada nama Saan Mustofa yang masuk dalam konvensi.

"Kita enggak ada tuntutan lain ke RK. Kita sudah menyerahkan sepenuhnya ke RK siapapun yang diputuskan (cawagub), terserah," kata Ketua DPD Nasdem Jabar Saan Mustofa saat dihubungi via telepon genggam, Rabu (20/12/2017).

Saan mengatakan kehadirannya dalam konvensi merupakan undangan dari tim tokoh yang dibentuk oleh Ridwan Kamil. Namun, sambung dia, kehadirannya dalam diskusi tersebut bukan dalam konteks ingin mengincar posisi cawagub Jabar.

"Posisi diundang kita sama tokoh yang dibentuk RK, jadi kita datang. Tidak dalam posisi kita memaksakan (posisi cawagub)," tegas dia.

Menurutnya persoalan PPP dan PKB yang mengancam akan hengkang memang harus diselesaikan dengan cara musyawarah. Ia meminta Ridwan Kamil berinisiatif mengajak seluruh partai koalisi untuk duduk bersama membicarakan Pilgub Jabar.

Lebih lanjut dia menjelaskan Ridwan Kamil juga harus menyampaikan hasil konvensi yang berlangsung belum lama ini. Sehingga, sambung dia, partai koalisi mengetahui pertimbangan tokoh-tokoh terhadap kapasitas kader yang disodorkan.

"Sampaikan juga hasil konvensi. Ini para tokoh sudah mewancarai para calon dari enam yang masuk radar. Kalau tidak dikomunikasikan dengan baik bisa jadi bumerang. Kita minta RK inisiatif, karena musyawarah tidak melulu soal wakil tapi agenda selanjutnya soal pemenangan," kata Saan.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed