DetikNews
Selasa 05 Desember 2017, 13:47 WIB

Banyak Kecelakaan Laut, 3.000 Nelayan Cirebon Dapat Asuransi Gratis

Sudirman Wamad - detikNews
Banyak Kecelakaan Laut, 3.000 Nelayan Cirebon Dapat Asuransi Gratis Perwakilan nelayan yang mendapatkan asuransi gratis/Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Sebanyak 3.000 nelayan di Cirebon menerima porgram asuransi gratis yang diberikan PT Cirebon Power dan Polairud Polda Jawa Barat.

Nelayan yang mendapatkan asuransi gratis berasal dari 10 desa yang berada di sekitar wilayah kerja Cirebon Power. Direktur Cirebon Power, Teguh Haryono mengatakan pendataan nelayan dilakukan secara langsung oleh Polairud Polda Jawa Barat. Program asuransi gratis, sambungnya, sudah dilakukan Cirebon Power dengan kepolisian sejak 2011.
s
"Setiap tahun asuransi gratis ini diberikan kepada 3.000 nelayan. Sekarang jumlahnya sekitar 15.000 nelayan yang sudah kita bina," ucap Teguh usai acara pemberian asuransi gratis di gedung Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Keluatan (P3GL) Cirebon, Selasa (5/12/2017).

Dijelaskan Teguh, Cirebon Power membayar premi sebesar Rp150 juta untuk asuransi nelayan setiap tahunnya. Pihaknya tak menargetkan jumlah nelayan yang harus dilindungi asuransi, namun dirinya tetap mengutamakan keselamatan nelayan.

"Kalau yang luka-luka mendapatkan asuransi sebesar Rp1 juta, kalau cacat karena kecelakaan mendapatkan Rp5 juta, dan yang meninggal sebesar Rp10 juta," tandasnya.

Di tempat yang sama, Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto melalui Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan program asuransi gratis untuk nelayan adalah bentuk kemitraan polri dengan masyarakat.

"Bantuan untuk nelayan itu tidak hanya di sini, ke depannya akan berkembang ke nelayan-nelayan lainnya. Selain nelayan, polri juga membantu melakukan program renovasi rumah untuk masyarakat tidak mampu," ucapnya.

Sementara itu, Dirpolairud Polda Jawa Barat Kombes Pol Suwarto mengatakan nelayan di pantura perlua mendapatkan asuransi. Karena asuransi dapat meringankan beban para nelayan.

"Nelayan kecil di pantura itu mayoritas menggunakan perahu dengan kekuatan mesin 5,6 knots, kalau cuaca ekstrem nelayan ini tidak mampu untuk menepi. Makanya sering terjadi kecelakaan laut," ucapnya.

Dikatakan Suwarto sepanjang 2017 ini tercatat ada 40 kecelakaan di laut, termasuk kecelakaan di laut karawang yang terjadi tiga hari lalu. Sementara pada 2016 lalu kecelakaan di laut terjadi sebanyak 67 kecelakaan.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed