DetikNews
Selasa 21 November 2017, 16:55 WIB

Pilwalkot Cirebon, Calon Independen Harus Raih 23.378 Dukungan

Sudirman Wamad - detikNews
Pilwalkot Cirebon, Calon Independen Harus Raih 23.378 Dukungan Ilustrasi Pilkada serentak. (Foto: Zaki Alfarabi)
Cirebon - Proses penyerahan syarat minimal dukungan bagi calon independen yang bakal maju Pilwalkot Cirebon 2018 berlangsung 25-29 November 2017. Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Cirebon Dita Handayani menjelaskan proses penyerahan syarat minimal dukungan itu tahap awal menuju pendaftaran calon independen.

Di Kota Cirebon untuk bisa maju melalui jalur independen minimalnya para calon memiliki meraih 23.378 dukungan. Jumlah syarat minimal dukungan itu 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir waktu Pilpres 2014.

"Syarat minimalnya sebanyak 23.378 dukungan. Pilpres kemarin itu jumlah DPT sebanyak 233.774 hak pilih. Dukungan itu selain berbentuk hard copy yang disertai dengan tanda tangan harus masuk juga dalam sistem pencalonan (sipol), kemudian ada juga bentuk fisik atau foto copy KTP-nya. Semuanya harus sinkron," kata Dita di kantor KPU Cirebon, Selasa (21/11/2017).

Dita menyebut hingga hari ini belum ada yang memastikan diri mendaftar via jalur independen. "Kemarin, waktu sosialisasi memang ada beberapa yang datang pas diawal-awal. Tapi, setelah sosialisasi ketiga ada yang menyatakan mengundurkan diri. Sekarang sih belum ada," ujarnya.

Menurut Dita, syarat minimal dukungan untuk jalur independen di Kota Cirebon lebih sedikit dibandingkan dengan Wilayah III Cirebon lainnya.

"Periode lalu ada, namun gagal pas pendaftaran. Waktu diverifikasi syarat dukungannya berkurang," ucap Dita.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed