DetikNews
Jumat 17 November 2017, 18:55 WIB

1.550 Jiwa dan 2 Sekolah Terdampak Banjir di Mekarjaya Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
1.550 Jiwa dan 2 Sekolah Terdampak Banjir di Mekarjaya Bandung Banjir di kawasan Mekarjaya Bandung. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Banjir menerjang sejumlah kawasan di Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, berdampak pada 1.550 jiwa dan dua sekolah. Banjir terjadi pada Kamis 16 November sore kemarin terjadi karena debit air yang besar tak mampu lagi ditampung oleh sungai dan anak sungai.

Kekuatan air yang besar menjebol kirmir lalu meluap dan menggenangi RW 5 dan RW 6 serta dua sekolah yang berada di Kelurahan Mekarjaya. "Terdampak itu ada 1.550 jiwa dan yang paling parah itu 1.070 jiwa. Termasuk SMPN 48 dan SMAN 25 kena juga sampai hari ini diliburkan," ujar Lurah Mekarjaya Tati Rohayati saat ditemui di kantornya, Jumat (17/11/2017).

Baca juga: Ratusan Rumah di Mekarjaya Bandung Terendam Banjir

Tati mengatakan sejak menerima informasi tersebut pihaknya langsung membuat posko darurat di Aula Kelurahan Mekarjaya. Namun warga yang terdampak tak mau mengungsi dan lebih memilih tinggal di sekitar rumah yang dirasa aman.

Selain itu pihaknya juga sudah menghimpun sejumlah bantuan dari berbagai pihak mulai dari makanan, pakaian, obat-obatan dan alat pembersih rumah yang berasal dari dinas terkait juga relawan.

"Tadi pagi juga sudah kita bagikan 650 bungkus nasi untuk warga dari ibu-ibu PKK. Untuk bantuan kita kumpulkan dulu di sini, kita packing kemudian langsung diberikan ke warga tanpa melalui perantara," katanya.

Mengantisipasi banjir susulan, Tati sudah berkoordinasi dengan Pemkot dan DPRD Kota Bandung untuk komunikasikan soal jembatan tol yang dirasa terlalu pendek sehingga air berbalik ke arah warga saat air sungai melimpah.

"Lalu ada gorong-gorong terutama di bagian kabupaten (Bandung) yang mampet. Ada sekitar sembilan yang tidak jalan," beber Tati.

Hingga saat ini pihaknya masih bersiaga untuk mengantisipasi sungai kembali meluap. Sebab hingga Jumat sore masih banyak rumah warga yang tergenang air ditambah hujan masih mengguyur wilayah Kelurahan Mekarjaya.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed