DetikNews
Selasa 17 Oktober 2017, 12:02 WIB

Kejaksaan Kembalikan Uang Rp 9,4 M Sitaan Kasus Bansos Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Kejaksaan Kembalikan Uang Rp 9,4 M Sitaan Kasus Bansos Bandung Kejari Kota Bandung menyerahkan barang sitaan dengan total Rp 9,4 miliar. Penyerahan tersebut ditandai dengan berkas berita acara yang ditandatangani oleh Kajari Kota Bandung Agus Winoto dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bandung mengembalikan uang sebesar Rp 9,4 miliar hasil sitaan dalam kasus bantuan sosial (bansos) Kota Bandung periode 2013-2015. Kajari Kota Bandung Agus Winoto membeberkan uang tersebut dikembalikan dari tujuh terpidana yang kasusnya sudah inkrah dengan hukuman penjara antara lima hingga tujuh tahun penjara.

"Dari perkara tersebut uang kita titipkan di BRI. Dan hari ini dikembalikan pada Pemkot Bandung selaku yang berhak," ujar Agus usai menyerahkan uang sitaan ke Pemkot Bandung di Pendopo Kota Bandung, Selasa (17/10/2017).
Kejaksaan Kembalikan Uang Rp 9,4 M Sitaan Kasus Bansos BandungUang ini dikembalikan Kejari Kota Bandung dari tujuh terpidana yang kasusnya sudah inkrah dengan hukuman penjara antara lima hingga tujuh tahun penjara. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Agus mengatakan penyerahan uang yang baru pertama kali dilakukan itu ialah sebuah bentuk pembelajaran bahwa korupsi sekecil apa pun aparat tidak tinggal diam dan siap mengusutnya hingga tuntas.

"Kita kejaksaan, pemerintah dan kepolisian berkomitmen membersihkan Kota Bandung dari upaya-upaya tindak pidana korupsi," ucap Agus menegaskan.

Di tempat yang sama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjelaskan uang pengembalian tersebut nantinya akan langsung masuk ke kas daerah untuk selanjutnya dibahas pemanfaatannya bersama DPRD.

"Ini sebuah upaya yang positif. Uang itu akan masuk ke kas daerah, masuk ke pos namanya lain-lain PAD yang sah. Contohnya untuk hal-hal di luar rutinitas masuk keranjang APBD dibahas oleh dewan," ujar Emil, sapaan Ridwan.
Kejaksaan Kembalikan Uang Rp 9,4 M Sitaan Kasus Bansos BandungKejari Kota Bandung mengembalikan uang sebesar Rp 9,4 miliar hasil sitaan dalam kasus bantuan sosial (bansos) Kota Bandung periode 2013-2015. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Dalam acara tersebut Kejari Kota Bandung menyerahkan barang sitaan dengan total Rp 9.440.225.000 yang terdiri dari uang tunai Rp 1 miliar, uang tunai USD 25 ribu (kurs Rp 8 ribu) dan cek giro sebesar Rp 8.240.225.000.

Penyerahan tersebut ditandai dengan berkas berita acara yang ditandatangani oleh Kajari Kota Bandung Agus Winoto dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed