DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 10:47 WIB

Penjelasan Geolog soal Batu Mirip Otak Manusia di Garut

Hakim Ghani - detikNews
Penjelasan Geolog soal Batu Mirip Otak Manusia di Garut Batu yang bentuknya disebut warga mirip otak manusia. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Warga menemukan sejumlah batu 'aneh' yang dua di antaranya berbentuk mirip otak manusia. Batu-batu itu berada di area Gunung Bongkok, Desa Mekarluyu, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Baca juga: Batu Berbentuk Mirip Otak Manusia Ditemukan Warga di Garut

Bongkahan batu bentuk seperti otak manusia itu ditemukan warga setempat saat hendak membuka akses menuju kawasan wisata baru di wilayah itu. Ada 30 batu yang diperoleh warga selagi menggali.

Ahli Geologi Oman Abdurrahman menjelaskan batu tersebut bukan termasuk fosil. "Ini batu biasa kelihatannya, lagipula otak (manusia) sulit sekali terfosilkan karena lembek," kata Oman yang juga Kepala Museum Geologi Bandung ini kepada detikcom melalui pesan singkat, Kamis (12/10/2017).
Penjelasan Geolog soal Batu Berbentuk Otak Manusia di GarutSelain batu mirip otak manusia, ada batu seperti kaki. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Oman mengungkapkan dugaan batu-batu tersebut artefak jika dilihat dari beberapa batu menyerupai kaki manusia yang dipahat. "Sejauh berdasarkan foto-foto yang diamati, tidak ada fosil disitu. Tapi kemungkinan ada artefak. Tapi untuk jelasnya harus dilihat dari dekat," katanya.

"Harus ada arkeolog yang mengatakan bahwa itu artefak atau bukan, dan itu hanya bisa diperoleh setelah dilakukan pengamatan lapangan," kata Oman menambahkan.

Ia mengimbau kepada masyarakat setempat agar menjaga batu tersebut agar tidak rusak. "Agar batuan yang diduga sebagai artefak tersebut dipelihara dan dilindungi untuk keperluan penelitian negara," kata Oman.

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed