DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 09:51 WIB

Batu Berbentuk Mirip Otak Manusia Ditemukan Warga di Garut

Hakim Ghani - detikNews
Batu Berbentuk Mirip Otak Manusia Ditemukan Warga di Garut Batu yang bentuknya disebut warga mirip otak manusia. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Warga bertempat tinggal di seputar Gunung Bongkok Garut heboh dengan penemuan bongkahan batu yang bentuknya mirip otak manusia. Batu diduga artefak ini ditemukan warga saat menggali tanah.

Hendi Rian Maulana (41) mengatakan penemuan batu tersebut terjadi saat ia bersama warga lainnya hendak membuka akses menuju kawasan wisata baru di wilayah tersebut. "Betul ada (batu yang berbentuk mirip otak manusia). Jadi ditemukan sekitar seminggu setelah lebaran (Idul Fitri 2017)," kata Hendi di lokasi penemuan batu, Desa Mekarluyu, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (12/10/2017).

"Waktu itu warga dan komunitas Pusaka Alam Nusantara mau membenahi tempat wisata Curug Gandasari. Tapi pas menggali ditemukan batu yang beda dari yang lain," ucap Hendi menambahkan.

Sejumlah warga langsung mengevakuasi batu-batu tersebut. Ada 30 batu aneka ukuran berbentuk 'aneh'.

"Ada dua di antaranya yang berbentuk seperti otak manusia. Batu lainnya ada yang berbentuk memanjang dan bulat," tuturnya.
Batu lainnya yang ditemukan warga.Batu lainnya yang ditemukan warga. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Hendi menduga banyak batu berbentuk 'aneh' itu yang masih terkubur di bawah tanah kawasan tersebut. "Diperkirakan ada sekitar lima ratus sampai seribu batu (yang masih terkubur)," ucapnya.

Kini batu tersebut disimpan warga di salah satu bangunan kosong di wilayah tersebut. Hendi mengaku telah melaporkan penemuan batu-batu diduga artefak ini ke pemerintah setempat.

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed