DetikNews
Selasa 10 Oktober 2017, 22:48 WIB

Dinilai Efektif, Tilang CCTV Dapat Diterapkan di Seluruh Jabar

Hakim Ghani - detikNews
Dinilai Efektif, Tilang CCTV Dapat Diterapkan di Seluruh Jabar Pantauan CCTV dari ATCS Pemkot Bandung. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Garut - Polda Jabar menilai sistem tilang menggunakan pengawasan CCTV yang diterapkan oleh Polrestabes Bandung sudah efektif. Tilang berbasis kamera pengintai ini dapat diterapkan di seluruh Jabar.

Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Jabar AKBP Asep Pujiyono mengatakan program tersebut dapat menekan angka pelanggaran lalu lintas. "Efektif ya, sekarang kan IT itu harus dimanfaatkan. Untuk menginformasikan bahwa kita tidak mau ada pelanggaran," kata Asep di kawasan wisata De Wisdom, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jabar, Selasa (10/10/2017).

Baca juga: Begini Pola Tilang CCTV yang Diterapkan di Bandung

Ia menjelaskan selain mengurangi angka pelanggaran lalu lintas, sistem ini juga dapat memantau aksi kejahatan, karena langsung dipantau oleh polisi. "Untuk bentuk yang lain semacam kejahatan itu bisa segera teratasi," ucapnya.

Selain di Kota Bandung, menurut dia, sistem tilang ini berpotensi diterapkan di kabupaten dan kota di Jabar yang sudah memiliki fasilitas kamera CCTV. "Tidak menutup kemungkinan, yang penting kita pihak kepolisian dengan dinas perhubungan saling berkoordinasi untuk membuat seperti itu," tutur Asep.

Baca juga: Kolaborasi Polisi dan Dishub Bidik Pelanggar via CCTV di Bandung

Dalam kesempatan tersebut Asep menuturkan, tidak disiplinnya pengendara lalu lintas menjadi salah satu penyebab kecelakaan. "Perhari bisa tujuh di wilayah Jabar. Untuk itu ayo kita sama-sama hindari kecelakaan dengan tertib berlalu lintas," katanya.

"Untuk itu kita sebagai pengguna jalan harus lebih meningkatkan kewaspadaan dan hati-hati dalam berkendara," ucap Asep menambahkan.

Sebagai tindakan untuk mengurangi kecelakaan tersebut pihak kepolisian saat ini gencar sosialisasi program tahun keselamatan untuk kemanusiaan. Selain kepada masyarakat langsung, polisi menyasar klub dan komunitas kendaraan roda dua dan roda empat dalam program ini.

"Tujuannya untuk menekan angka kecelakaan yang kerap terjadi," ujar Asep.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed