DetikNews
Jumat 22 September 2017, 15:16 WIB

Ada Fenomena Equinox, Suhu Udara di Bandung Lebih Panas

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Ada Fenomena Equinox, Suhu Udara di Bandung Lebih Panas Ilustrasi jalan di Kota Bandung (Foto: Tri Ispranoto)
Bandung - Cuaca di wilayah Bandung akhir-akhir ini terasa sangat panas. Selain faktor puncak musim kemarau, adanya fenomena equinox juga menjadi penyebab cuaca panas.

"Ini memang puncak musim kemarau. Lalu ada fenomena equinox besok dimana matahari berada tepat di garis khatulistiwa. Sehingga biasanya lebih kuat dan menyebabkan panas yang lebih," ucap Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jadi Hendarmin via telepon, Jumat (22/9/2017).

Jadi mengatakan fenomena equinox merupakan salah satu fenomena astronomi dimana pergerakan matahari semu dan berada tepat di garis khatulistiwa. Dalam satu tahun, fenomena ini terjadi selama dua kali yakni setiap 21 Maret dan 23 September.

"Ini rutin setiap tahunnya terjadi. Matahari tepat di garis lintang khatulistiwa," tuturnya.

Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan besaran angka panas saat fenomena itu terjadi. Sebab, kondisi cuaca bisa saja berubah.

"Belum bisa dipastikan berapa besarannya," kata Jadi.

Jadi menambahkan selama 30 tahun terakhir suhu tertinggi di wilayah Jawa Barat pernah menyentuh angka 37,5 derajat. Itu pun hanya terjadi di Jatiwangi. Pihaknya belum bisa memastikan suhu tertinggi saat ini atau besok.

"Kita belum bisa prediksi besarannya. Untuk yang 37,5 derajat di Jatiwangi juga itu masih dalam batas normal," katanya.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed