DetikNews
Rabu 20 September 2017, 13:59 WIB

PPP Berpeluang Hengkang dari Poros Baru, Demokrat: Apa Boleh Buat

Mukhlis Dinillah - detikNews
PPP Berpeluang Hengkang dari Poros Baru, Demokrat: Apa Boleh Buat Poros baru, PPP, PAN, dan Demokrat sepakat di Pilgub Jabar/Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Ridwan Kamil (Emil) mengklaim PPP segera memberi dukungan kepadanya. Emil mengaku sudah mencapai kesepakatan dengan elit politik PPP. Dengan begitu, PPP bisa saja hengkang dari poros baru.

Ketua DPD Demokrat Jabar Iwan Sulandjana tidak mau ambil pusing dengan kemungkinan PPP hengkang dari poros baru. Menurutnya dinamika politik yang terjadi di wilayah tetap ditentukan keputusan di tingkat pusat.

"Ya kalau misalnya itu (hengkang) terjadi apa boleh buat lah ya. Karena ini kan main atas semua," kata Iwan saat dihubungi via telepon genggam, Rabu (20/9/2017).

Menurutnya poros baru tidak khawatir apabila PPP hengkang. Sebab, sambung dia, masih ada Gerindra yang bisa mengisi kekosongan kursi. Ia menyakini Gerindra bisa bekerjasama dengan poros baru.

"Tapi kan dengan masuknya Gerindra kita kan masih tetap bisa eksis. Saya masih punya keyakinan Gerindra masih cair. Jadi masih mau bermain di koalisi kita," ungkap dia.

Mantan Pangdam III/Siliwangi ini mengaku tidak merasa kecolongan dengan manuver yang dilakukan Wali Kota Bandung itu. Sebab, hal ini menjadi bagian keberhasilan Emil melakukan komunikasi politik.

"Enggak (kecolongan) karena RK sudah mendatangi seluruh DPP. Mau Demokrat, PPP, Hanura, PKB dan lainnya bahkan Golkar. Sekarang kuncinya di DPP iya atau tidak," kata Iwan.

Poros baru saat ini sudah mengantongi 25 kursi dengan rincian Demokrat (12 kursi), PPP (9 kursi) dan PAN (4 kursi). Namun, apabila PPP hengkang, poros baru hanya punya 16 kursi. Apabila Gerindra jadi bergabung, maka akan ada 11 kursi tambahan.
(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed