DetikNews
Rabu 30 Agustus 2017, 13:18 WIB

Produk UKM di Jabar Didorong Masuk ke e-Commerce

Mochamad Solehudin - detikNews
Produk UKM di Jabar Didorong Masuk ke e-Commerce Acara Kenduri e-UKM (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Asosiasi e-Comerce Indonesia (idEA) menggelar kenduri e-UKM di Hotel Grand Asrilia, Kota Bandung, Rabu (30/8/2017). Acara ini menjadi upaya dari idEA untuk membantu mendorong dan memperkuat perkembangan UMKM di Indonesia khususnya di Jabar.

Meurut Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUKM) Jabar Dudi Sudrajat Abdurachim, potensi UKM di Jawa Barat sangat besar dan Pemerintah Provinis Jawa Barat memiliki komitmen besar untuk mengembangkan UKM. Salah satunya melalui program pencetakan 100 ribu wirausaha baru dalam lima tahun.

"Tahun ini kita targetkan 20 ribu wirausaha baru yang kita cetak," kata Dudi.

Menurutnya pencetakan pelaku usaha baru perlu ditopang dengan pola pemasaran yang kini berkembang. Salah satunya melalui e-commerce atau penjualan secara online. Hal ini penting untuk mendukung dan mempermudah para pelaku usaha untuk memasarkan produknya.

"Kita terus berusaha untuk mengonline-kan produk-produk pelaku usaha yang kita ciptakan," ujarnya.

Berdasarkan data yang ada, ekonomi berbasis elektronik semakin berkembang di Indonesia. Potensinya sangat luar biasa dan menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional. Menurut data dari eMarkter, transaksi ecommerce Indonesia mencapai Rp25,1 triliun pada 2014. Jumlah ini naik menjadi sekitar Rp69,8 triliun di 2016.

Di lokasi yang sama Ketua Bidang Edukasi Retail idEA Mohamad Rosihan menyatakan bila pelaku UKM ini perlu didorong dengan ecommerce. Sehingga mereka dapat dengan mudah dalam memasarkan produk. Terlebih Jabar menjadi salah satu daerah potensial.

"Kita berusaha maksimal mengedukasi. Bandung contoh bagus banyak produsen. Tinggal bagaimana mereka ini masuk ke market place. Karena perkembangan entrepreuner kita sudah mulai produksi dan bagaimana mendorong masuk ke e-commerce kita," ujarnya.



(avi/avi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed