1.300 Personel Kepolisian Dikerahkan Amankan Karnaval Kemerdekaan

Avitia Nurmatari - detikNews
Rabu, 23 Agu 2017 16:43 WIB
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo (Foto: Baban Gandapurnama-detikcom)
Bandung - Polisi akan melakukan pengamanan penuh selama berlangsungnya acara karnaval kemerdekaan HUT RI ke-72 di Bandung. Sebanyak 1.300 personel kepolisian dikerahkan untuk mengamankan jalannya acara.

"Totalnya ada 1.300 personel yang kita kerahkan. Itu baru dari Polrestabes Bandung dibekup Polda Jabar," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo saat mengecek lokasi rute karnaval di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jabar, Rabu (23/8/2017).

Hendro mengatakan pola pengamanan akan dilakukan melalui pola ring. Ring satu dan dua akan diisi oleh Paspampres dan TNI. Pengamanan sendiri akan dilakukan secara terbuka dan tertutup.

"Sementara kita ada di ring tiga dan empat pengamanan jalur," tuturnya.

Hendro menyebut jumlah personel yang dikerahkan termasuk untuk mengantisipasi berbagai ancaman gangguan dari mulai gangguan lalu lintas hingga ancaman teror.

"Tentu berbagai macam ancaman kita waspadai termasuk teror dan kejahatan konvensional lainnya," kata dia.

Karnaval kemerdekaan bertajuk 'Pesona Parahyangan' itu rencananya akan berlangsung pada Sabtu 26 Agustus 2017 mendatang. Program tahunan yang digagas Kementerian Pariwisata itu akan menampilkan iring-iringan kebudayaan dari seluruh penjuru negeri. (avi/avi)