DetikNews
Senin 21 Agustus 2017, 22:12 WIB

Pemprov Jabar Gelar West Java Eco Marathon Oktober 2017

Mochamad Solehudin - detikNews
Pemprov Jabar Gelar West Java Eco Marathon Oktober 2017 Peluncuran West Java Eco Marathon (WJEM) 2017/Foto: Mochamad Solehudin/detikcom
Bandung - Pemprov Jabar untuk kali pertama akan menggelar event West Java Eco Marathon (WJEM) 2017, Oktober mendatang. Ribuan peserta dari berbagai daerah termasuk dari mancanegara akan ikut meramaikan acara ini.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menuturkan agenda ini sengaja digelar sebagai ajang promosi wisata sekaligus kampanye lingkungan melalui olah raga. Pasalnya konsep dari acara maraton ini mengusung tema lingkungan.

"Konsep Eco Marathon menjadi pembeda dengan marathon lain. Ini merupakan unique selling point WJEM. Karena belum ada marathon bertema eco," kata Heryawan, saat ditemui usai peluncuran WJEM, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (21/8/2017).

Dia melanjutkan, WJEM 2017 akan dilaksanakan pada 15 Oktober 2017 di kawasan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Event ini akan menjadi event maraton tahunan yang secara resmi digelar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Mudah-mudahan ini levelnya jadi internasional. Karena kita undang dari beberapa negara yang kita ajak sister city untuk hadir," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia WJEM M Ikhsan menyatakan, ada perbedaan WEJM dengan event marathon pada umumnya. Bila biasanya digelar di jalan aspal, pada WJEM ada kombinasi mulai dari jalan berbatu, rumput dan track menarik lainnya.

"Kita nanti juga kumpulkan sampah. Nanti ada petugas atau relawan sepanjang track," katanya.

Dari sisi pariwisata, dia melanjutkan, event ini akan menampilkan sejumlah seni pertunjukan tradisional Jawa Barat di beberapa titik. Selain itu rute yang akan dilalui para pelari akan melintasi pegunungan dan perkebunan teh yang bisa memanjakan mata.

Ada empat kategori yang dilombakan dalam event marathon ini, yakni kategori 5 Km, 10 Km, 21 Km dan 42 Km. Untuk rutenya juga akan disesuaikan dengan masing-masing kategori.

Seperti kategori 5 Km rutenya Lapangan Tanara Malabar-Jalan Raya Pintu Malabar-Makam Boscha-Jalan-Bukit Sipon dan kembali ke Lapangan Tanara Malabar. Untuk 10 Km rutenya, Lapangan Tanara Malabar-Jalan Raya Pintu Malabar-Makam Boscha-Jalan Malabar-Wisma Melati-Gunung Nini-Jalan Pintu Malabar-Lapangan Tanara Malabar.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed