2.211 Lulusan IPDN Siap Tugas di Daerah Pedalaman dan Perbatasan

Wisma Putra - detikNews
Senin, 07 Agu 2017 14:30 WIB
Acara wisuda di IPDN, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Foto: Wisma Putra
Sumedang - Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2017 bakal menjalankan tugas di daerah-daerah yang jauh dari pusat kota dan kabupaten. Rektor IPDN Ermaya Suradinata mendorong para lulusan IPDN ini dapat serius melayani masyarakat di daerah pedalaman dan perbatasan Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ermaya usai acara wisuda di kampus IPDN, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (7/8/2017). Sebanyak 2.211 orang diwisuda itu terdiri 1.799 orang Program Diploma IV, 30 orang Program Profesi Kepamongprajaan, 217 orang Program Sarjana, 155 orang Program Magister, dan 10 orang Program Doktor.

Dia menegaskan, wisudawan dan wisudawati itu nantinya tidak ada yang bertugas di tingkat kabupaten. Justru lulusan IPDN yang telah dibiayai negara ini disiapkan untuk dinas di tingkat desa, kelurahan, kecamatan dan kawasan perbatasan negara, pedalaman, pantai dan pulau terpencil.

"Mereka selama satu tahun ditempatkan di daerah-daerah yang membutuhkan pelayanan pemerintah. Jadi artinya bahwa pemerintah ini hadir di kehidupan masyarakat yang jauh dari jangkaun ibukota kabupaten dan kecamatan. Mereka akan ditempatkan di daerah seperti itu," tutur Ermaya kepada detikcom.

Ermaya menyebut para purna praja IPDN ini siap ditempatkan di seluruh Indonesia. Selama studi di IPDN, mereka telah ditanamkan nasionalisme, patriotisme, perjuangannya untuk menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Oleh karena itu untuk memperkuat integritas negara kesatuan Indonesia, mereka harus menjadi perekat di pemerintahan paling bawah, desa dan kelurahan," ujarnya.

"Mereka kewajibannya adalah mengembalikan hasil didik yang telah dilakukan di IPDN. Agar mereka menjadi pelayan yang andal bagi masyarakat," ucap Ermaya menambahkan.

2.211 orang yang lulus ini di antaranya gubernur, bupati, walikota, camat dan calon camat. Salah satunya Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan.

"Mereka yang wisuda hari ini sudah diangkat menjadi PNS semuanya," kata Ermaya. (bbn/bbn)