DetikNews
Rabu 28 Juni 2017, 11:48 WIB

Cek Harga Pasca Lebaran, Mendag : Ada Kenaikan Tapi Tidak Tinggi

Mukhlis Dinillah - detikNews
Cek Harga Pasca Lebaran, Mendag : Ada Kenaikan Tapi Tidak Tinggi Foto: Mendag berkunjung ke Pasar Cihapit (Mukhlis Dinillah/detikcom)
Kota Bandung - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto memastikan tidak terjadi kenaikan harga signifikan di pasar tradisional pasca lebaran. Pasalnya, pasokan kebutuhan pokok masih tersedia di semua daerah.

"Mengenai harga, sampai dengan hari ini pasokan merata terutama di daerah-daerahnya itu tetap terjaga. Ada sedikit kenaikan karena cuma satu dua yang baru buka," kata Enggartiasto di pasar Cihapit, Jalan Cihapit, Kota Bandung, Rabu (28/6/2017).

Dia mengaku sudah melakukan pengecekan di sejumlah pasar beberapa hari setelah lebaran. Kenaikan harga yang terjadi di pasaran akibat jarangnya pedagang yang berjualan, masih tergolong normal

"H+1, H+2, dan H+3 di tengah kondisi belum buka semua, lonjakannya biasanya tinggi sekali, tapi ternyata ini juga tidak terlalu tinggi. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya," tutur dia.

Menurutnya kesadaran pedagang yang mulai tumbuh menjadi faktor utama terkendalinya harga saat ini. Para pedagang tidak lagi menaikan harga dengan memanfaatkan situasi pasca lebaran ini.

"Jadi saya berterima kasih kepada para pedagang, yang tidak menaikkan harga seeenaknya walaupun yang buka baru sedikit," ungkap dia.

Selain kesadaran pedagang, kata dia, peran Dinas Perdagangan dan satgas pangan dalam mengawasi harga di pasaran cukup penting. Sehingga, sambung dia, ia meminta pengawasan di lapangan tetap dilakukan.

"Karena semua bisa terkendali dan ibu-ibu bisa tersenyum bahagia, tidak terbeban oleh pengeluaran yang tidak perlu oleh sekelompok orang," kata Enggartiasto.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed