DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 14:35 WIB

Mudik 2017, Dinkes Garut Tes Kesehatan Sopir Bus

Hakim Ghani - detikNews
Mudik 2017, Dinkes Garut Tes Kesehatan Sopir Bus Pemeriksaan kesehatan sopir bus di Garut. Foto: Hakim Ghani
Garut - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut memeriksa kesehatan para sopir bus umum. Mereka diperiksa sebelum mengemudi, mengantar penumpang ke berbagai kota berkaitan arus mudik Lebaran 2017.

Proses pemeriksaan berlangsung di Kantor Pelayanan Terminal Guntur Melati, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jabar, Senin (19/6/2017). Kepala Terminal Guntur Melati Garut Sofyan Hidayat menjelaskan selain pengecekan kesehatan, para sopir melaksanakan tes urine dan HIV.

"Jadi ini kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, melaksanakan berbagai macam test kesehatan kepada para sopir bus. Tes urine dan tes HIV juga dilakukan di sini," kata Sofyan kepada wartawan di Terminal Guntur Melati Garut.

Baca juga: Polres Garut Sebar Tim Penembak Penjahat di Jalur Mudik

Sofyan menegaskan, jika ditemukan sopir yang tidak lolos dalam tes urine atau positif mengonsumsi narkoba, keberangkatan bus wajib ditunda.

"Semua itu untuk kenyamanan para pemudik. Jika terdeteksi mengkonsumsi narkoba atau miras kita akan pending perjalanan bus itu. Atau diganti oleh sopir cadangan yang memenuhi syarat," ujarnya.

"Intinya pemeriksaan kesehatan para sopir ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Setelah pemeriksaan kesehatan dilakukan, diharapkan para sopir bisa mengemudi dengan baik dan dalam kondisi yang fit," tutur Sofyan menambahkan.

Baca juga: Ribuan Petugas Kesehatan di Jabar Siaga Selama Mudik Lebaran

Di Terminal Guntur Melati Garut terdapap sebanyak 180 sopir aktif dan 20 sopir cadangan. Mereke mengemudikan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

"Sejauh ini baru puluhan yang sudah diperiksa kesehatan. Semuanya wajib ikut. Pemeriksaan ini akan berlangsung hungga beberapa hari kedepan," ucap Sofyan sambil menyebutkan dalam pemeriksaan tersebut tidak ditemukan sopir menggunakan narkoba.

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed