DetikNews
Sabtu 17 Juni 2017, 19:02 WIB

Meriahnya Buka Bersama Ribuan Warga di Jalan Asia Afrika Bandung

Mochamad Solehudin - detikNews
Meriahnya Buka Bersama Ribuan Warga di Jalan Asia Afrika Bandung Foto: Mochamad Solehudin
bandung - Ribuan warga Bandung ramaikan Buka Bareng On The Sreet (Buboss) yang digelar sepanjang Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu (17/6/2017). Acara ini merupakan hasil kerja sama antara komunitas-komunitas dengan Pemerintah Kota Bandung.

Acara ini menjadi agenda tahunan setelah tahun lalu sukses digelar. Suasana akrab begitu terasa dalam acara ini. Tidak ada sekat antara warga dan para pejabat yang ada di Pemerintahan Kota Bandung. Semuanya menyatu duduk di bawah karpet biru yang telah disiapkan.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersama istri Atalia Kamil juga terlihat menikmati suasana jelang buka buka puasa bersama ribuan warga. Acara yang dimulai sekitar pukul 15.30 WIB ini diisi dengan berbagai acara. Bentangan karpet berwarna birup sepanjang kurang lebih 200 meter telah tersedia berbagai sajian menu buka puasa untuk setiap warga yang hadir.

Acara buka bareng ini semakin spesial saat hadirnya dua penyanyi ternama tanah air yakni Cakra Khan dan Afgan Syahreza untuk menghibur warga yang hadir. Lagu-lagu dari kedua penyanyi ini menghipnotis para peserta Buboss. Apalagi saat Afgan tampil. Warga termasuk Ridwan Kamil terlihat larut dalam suasana dan ikut bernyanyi.

Sebelum tiba waktu berbuka puasa, warga juga disuguhkan fashion show dari Shafira Foundation. Lenggak lenggok para model sambil diiringi musik perkusi dan suara bedug menambah meriah acara buka bersama tersebut.

Selanjutnya, sambil menunggu kumandang adzan magrib warga mendapat siraman rohani dari ustadz cilik asal Kota Bandung. Begitu adzan berkumandang, Ridwan Kamil bersama semua yang hadir langsung menyantap sajian buka puasa yang telah disediakan.

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Emil menyatakan, acara ini sengaja digelar untuk mempererat tali silaturahmi antara warga Bandung. Selain itu mengajak semua pihak untuk memberi kebahagiaan antar sesama.

"Kita berbagi kebahagiaan satu tahun sekali," kata Ridwan.

Menurutnya acara ini digelar atas kerja sama dengan berbagai komunitas. Kurang lebih ada 102 komunitas yang terlibat dalam acara ini. Dukungan sejumlah sponsor juga menjadikan acara yang rencananya digelar setiap tahun berjalan lancar.

"Pemkot Bandung hanya mengiyakan saja. Acara ini atas udunan komunitas dan juga para sponsor. Ini menjadi ciri Kota Bandung karena hidup adalah udunan," katanya.

Ridwan menambahkan, kegiatan ini menjadi satu-satunya yang digelar di Indonesia. "Acara ini bagus. Semoga kita bisa menggelar satu tahun sekali setiap bulan Ramadan," ucapnya.

Salah satu warga yang hadir, Santi (24) mengaku senang dengan kegiatan ini. Acara semacam ini bisa menambah keakraban antar warga Bandung dan sekitarnya. "Suka banget adanya acara ini. Salut buat Kota Bandung," katanya di lokasi acara.

Warga lainnya, Irma (20) juga senang dengan acara ini. Apalagi hadirnya Afgan dalam acara tersebut. "Enggak nyangka bisa ada Afgan di acara kaya gini. Padahal hanya buka bareng," singkatnya


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed