DetikNews
Jumat 16 Juni 2017, 13:50 WIB

Dinas Kebakaran Bandung Imbau Warga Ganti Lampu Rumah Sebelum Mudik

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Dinas Kebakaran Bandung Imbau Warga Ganti Lampu Rumah Sebelum Mudik Foto: Kantor Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DKPB) (Dony Indra/detikcom)
Kota Bandung - Masyarakat Kota Bandung diimbau untuk mengganti lampu rumah dengan daya lampu rendah saat ditinggal mudik Lebaran. Hal ini untuk mencegah potensi terjadinya kebakaran.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DKPB) Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengatakan, saat ditinggalkan mudik, tak jarang lampu di dalam rumah tetap menyala. Lampu di dalam rumah berdaya tinggi, berpotensi menghantarkan panas, terjadi konsleting listrik, hingga menyebabkan kebakaran.

"Sehinga kita sarankan untuk menggunakan voltase lampu rendah. Idealnya untuk di dalam rumah 5 atau 10 watt," ujar Ferdi via telepon, Jumat (16/6/2017).

Untuk lampu di luar rumah, Ia juga menyarankan untuk diganti menggunakan lampu otomatis yang menyala saat malam dan mati saat siang hari. Selain mencegah kebakaran, kata dia, penggunan lampu otomatis ini juga untuk mencegah aksi kriminalitas.

"Bisa juga pemilik rumah menitipkan rumahnya ke RT/RW atau kerabat terdekat yang tidak mudik. Jadi bisa dicek setiap saat," tuturnya.

Selain itu, Ferdi juga mengingatkan agar masyarakat yang akan meninggalkan rumah untuk kembali mengecek kondisi rumahnya. Jangan sampai ada barang-barang elektronik yang masih menyala.

"Jangan lupa juga regulator gas untuk dilepas," katanya.

Selama musim mudik dan Lebaran tahun ini, petugas damkar tidak libur. Pihaknya siaga untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di Kota Bandung.


(avi/avi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed