DetikNews
Kamis 15 Juni 2017, 19:55 WIB

1.136 Petugas Kebersihan di Bandung Siaga Kawal Libur Lebaran

Avitia Nurmatari - detikNews
1.136 Petugas Kebersihan di Bandung Siaga Kawal Libur Lebaran Ilustrasi petugas kebersihan. Foto: Grandyos Zafna
Bandung - Menghadapi Idul Fitri 2017, PD Kebersihan menambah personel hingga 15 persen. Hal itu untuk mengantisipasi meningkatnya volume sampah di Kota Bandung saat momen Lebaran.

Kota Bandung merupakan destinasi wisata favorit saat libur Lebaran. Maka volume sampah diprediksi bakal meningkat.

"Berdasarkan pengalaman, pola kerja H-7 lebaran sampai H+5 tim khusus PD Kebersihan Kota Bandung siap bekerja 24 jam. Bagi kami ini sudah biasa," ujar Dirut PD Kebersihan Deni Nurdiana ditemui di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (15/6/2017).

Selama libur sekolah dan Lebaran kali ini, sebanyak 1.136 petugas lapangan dan 574 armada pengangkutan yang disiagakan.

"Penambahan personel mengalami kenaikan 15 persen. Tim khusus terdiri dari karyawan PD Kebersihan, tim penyapu, personel pengangkut kendaraan operasional dan staf lainnya. Ditambah dengan tim patroli pengawas kebersihan yang bertugas keliling memberikan edukasi, sosialisasi kemudian tangkap tangan," tutur Deni.

Lokasi yang diprediksi memproduksi sampah dalam jumlah besar di antaranya kawasan Alun-alun Bandung, Jalan Asia Afrika, Otto Iskandardinata, Dago, Ujungberung, Cihampelas, Andir dan Cibaduyut.

Jadwal pembuangan sampah ke TPA pada malam takbir dibuka sampai dengan pukul 23.00 WIB. "Sedangkan hari 'H' atau saat lebaran TPA ditutup (tidak ada pembuangan)," kata Deni.

Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini PD Kebersihan menyiagakan petugas di gerbang tol. Mulai dari Pasteur, Pasir Koja, Buahbatu, Kopo, dan M.Toha.

"Karena orang-orang yang datang ke Bandung itu masih sering yang buang sampah dari dalam mobil," ucap Deni.
(avi/bbn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed