DetikNews
Sabtu 27 Mei 2017, 11:22 WIB

Waspadai Penyebaran Hepatitis A, Kadinkes Bandung Imbau Warga Jaga Kebersihan

Wisma Putra - detikNews
Bandung - Dinas Kesehatan Bandung melakukan pengecekan penyebaran penyakit hepatitis A di tiga kecamatan yang biasa terdampak banjir tahunan, yaitu Baleendah, Bojongsoang, dan Dayeuhkolot. Meski jumlah pasien yang positif Hepatitis A masih wajar, Kadinkes Kabupaten Bandung Ahmad Kustiadji mengimbau masyarakat menjaga kebersihan lingkungan maupun makanan.

"Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus dilaksanakan, apalagi sekarang bulan puasa pola makan harus bersih, makan makanan yang bergizi, cuci tangan pakai sabun sebelum makan dan sesudah buang air besar. Jika ada gejala sakit segera berobat," katanya saat dihubungi detikcom, Sabtu (27/5/2017).

Mengenai penyebaran hepatitis A di Kabupaten Bandung itu beberapa hari ini sempat beredar melalui broadcast di aplikasi pesan singkat. Dalam pesan berantai yang seolah-olah berasal dari Dinkes Kabupaten Bandung itu disebutkan bahwa ada 60 suspect hepatitis A di empat wilayah yaitu Bojongsoang, Baleendah, Dayeuhkolot, dan Cicalengka. Di mana hal itu mengarah pada Kondisi Luar Biasa (KLB).

Menangggapi itu, Ahmad menyatakan informasi itu tidak sepenuhnya benar dan juga tidak semua salah. Ia mengaku memang telah melakukan pengecekan di tiga wilayah, yaitu Baleendah, Bojongsoang, dan Dayeuhkolot.

"Kami ambil sampling ke tiga kecamatan ternyata yang dirawat selama dua-tiga bulan terakhir dari 65 yang sudah di PE (Penyelidikan Epidemiologi), 9 sudah terkonfirnasi hepatitis A," ungkapnya.

Menurutnya jumlah tersebut sangatlah wajar jika melihat jumlah penduduk disetiap kecmatan yang jumlahnya dapat mencapai 100 ribu. "Kasus pasti ada, itu normal bukan KLB dan tidak mengalami peningkatan secara signifikan," sebutnya.

Ahmad mengingatkan kepada warga Kabupaten Bandung untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi penyakit sedini mungkin. "Kewaspadaan dini terhadap penyakit harus ditingkatkan. Tidak hanya mengantisipasi penyakit hepatitis A saja, tapi semua penyakit," pungkasnya.


(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed