DetikNews
Jumat 19 Mei 2017, 17:33 WIB

Ridwan Kamil Minta Radio di Bandung Siaran Bahasa Sunda dan Inggris

Avitia Nurmatari - detikNews
Ridwan Kamil Minta Radio di Bandung Siaran Bahasa Sunda dan Inggris Ridwan Kamil saat resmikan Taman Radio/Foto: Avitia Nurmatari
Bandung - Rebo Nyunda dan Kamis Inggris menjadi bagian dari kampanye 'fun day' di Kota Bandung. Kepada insan radio, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meminta siaran khusus berbahasa sunda dan inggris di hari-hari tersebut.

Ditemui usai peresmian Taman Radio di pertigaan Jalan Ranggagading dan Ir H Djuanda, Jumat (19/5/2017), pria yang karib disapa Emil itu mengatakan, pihaknya meminta radio untuk menjalankan program Rebo Nyunda dengan siaran berbahasa Sunda. Meski hanya satu jam saja, namun tujuannya untuk melestarika bahasa sunda.

"Menurut penelitian, bahasa yang paling awet itu bahasa Bali karena mereka melestarikannya. Nah posisi Bahasa Sunda ada di tengah-tengah. Kalau dilestarikan akan terus awet. Sebaliknya, kalau dibiarkan akan punah," ujarnya.

Selain Rebo Nyunda, setiap Kamis Inggris, Emil juga meminta radio-radio di Bandung siaran dengan menggunakan bahasa inggris.

"Selain di hari Rabu, hari Kamisnya kami minta untuk siaran dalam bahasa Inggris. Ini salah satu cara agar warga Bandung bisa kompetitif menguasai bahasa dunia," ungkapnya.

Menurut Emil, radio menjadi media yang cukup strategis untuk melestarikan bahasa. Apalagi di Kota Bandung cukup banyak memiliki radio, yakni ada sekitar 50 radio.

"Nanti sesekali saya juga akan turun langsung siaran dalam bahasa Sunda," tandasnya.

Di tempat yang sama, presenter yang juga petinggi Bobotoh FM, Muhammad Farhan, menyambut baik adanya permintaan Pemkot Bandung agar insan radio menjalankan Rebo Nyunda dan Kamis Inggris.

"Haruslah. Itu sebagai bentuk terobosan. Apalagi kita orang Sunda. Begitu juga dengan bahasa Inggris. Tahun 1967 itu Singapura mewajibkan warganya untuk berbahasa Inggris dan bisa dilihat sekarang," tandasnya.


(avi/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed