DetikNews
Jumat 19 Mei 2017, 11:41 WIB

Fenomena Penyuka Sesama Jenis Picu Kenaikan Kasus HIV/AIDS di Cianjur

Syahdan Alamsyah - detikNews
Fenomena Penyuka Sesama Jenis Picu Kenaikan Kasus HIV/AIDS di Cianjur Foto: Syahdan Alamsyah
Cianjur - Fenomena Lelaki Seks Lelaki (LSL) di Kabupaten Cianjur yang masif dalam lima tahun terakhir ini memicu tingginya kasus penyebaran HIV/AIDS. Komisi Penangggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Cianjur mencatat tahun ini sudah ada 42 orang yang positif HIV/AIDS.

"Kita prediksi tahun ini angkanya akan lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya, karena baru triwulan pertama saja sudah mencapai 42 orang," kata Sekretaris KPA Cianjur, Hilman usai menggelar rakor di kantor KPA Cianjur, Bojongherang, Cianjur, Jumat (19/5/2017).

Hilman mengatakan terjadi pergeseran kategori kalangan penderita dibandingkan beberapa tahun sebelumnya, yakni dari Ibu Rumah Tangga (IRT) ke kalangan LSL. Hal ini, sebut dia, dipicu keberadaan kaum gay di Cianjur yang semakin tumbuh subur.

"Mereka berasal dari berbagai kalangan. Namun didominasi oleh remaja dan dewasa, atau usia produktif. Pelajar juga ada," ucapnya.

Selain LSL, kata Hilman, para penderita juga berasal dari kalangan IRT, WPS (Wanita Penjaja Seksual), pelanggan dan masyarakat umum, termasuk anak-anak dan balita.

"Khusus LSL dan IRT menjadi 'penyuplai' terbanyak penderita HIV/AIDS di Kabupaten Cianjur. Secara kumulatif jumlah penderita AIDS di Cianjur sudah mencapai 742 orang, puluhan di antaranya sudah meninggal dunia," ucapnya.

Konselor VCT (Voluntary Counselling and Testing) KPA Cianjur, Cicih Kurniasih menambahkan, setiap tahunnya, jumlah LSL terus menunjukkan peningkatan drastis. Dari data yang dimilikinya, saat ini jumlahnya sudah mencapai 500 orang.

Cicih berharap, para pemangku kebijakan memberikan atensi lebih terhadap fenomena sosial ini karena bisa mengancam perkembangan generasi muda ke depannya. "Orientasi seks ini kan menyimpang dan banyak menjangkiti kalangan remaja. Kita terus lakukan berbagai cara dan upaya pencegahan secara masif,"katanya.
(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed