DetikNews
Rabu 10 Mei 2017, 15:57 WIB

Warga Cirebon Tangkap Piton Sepanjang 4,5 Meter di Sarang Walet

Tri Ispranoto - detikNews
Warga Cirebon Tangkap Piton Sepanjang 4,5 Meter di Sarang Walet Untuk mengangkat piton ini dibutuhkan lima orang dewasa. Foto: Tri Ispranoto
Kabupaten Cirebon - Piton ukuran panjang 4,5 meter dan bobot 50 kilogram menggemparkan warga Cirebon. Sejumlah warga bergegas menyergap dan menangkap ular tersebut yang muncul di sarang burung walet.

Keberadaan ular ini kali pertama diketahui warga di sebuah gedung yang biasa menjadi sarang burung walet atau tepatnya belakang Pasar Celancang, Blok Pabean Wetan, Desa Purnawinangun, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (9/5) kemarin. Posisi ularnya menggelantung di atas gedung.

Warga setempat mengira ular itu kabel yang melintang. Penasaran warga terjawab setelah lampu menyorot ke bagian gedung. Ternyata ular besar.

"Setelah pasti itu ular, warga ramai datang ke gedung walet untuk menangkap . Saat itu ular lari ke dak. Lalu ditangkap ramai-ramai," ujar salah seorang warga yang ikut memburu ular, Satori (30), di kediamannya, Rabu (10/5/2017).

Warga Cirebon Tangkap Piton Sepanjang 4,5 Meter di Sarang WaletPiton menempati kandang ukuran kecil. Foto: Tri Ispranoto

Satori serta warga lainnya tak mengetahui asal piton ini. Namun menurut salah satu pawang ular yang warga kenal, hewan liar ini diduga masuk area lingkungan warga karena lapar.

"Mungkin ke gedung itu juga mau makan burung walet," kata Satori.

Ular jenis sanca kembang motif hitam kuning itu berada di rumah Satori. "Sementara ini mau dipelihara dulu. Tapi kalau ada yang mau beli dan harga cocok, saya mewakili warga akan melepasnya (menjual)," tutur Satori.

Piton tersebut menempati kandang besi bercat biru yang cukup kecil. Bahkan, saat ular masuk kandang, tubuhnya berlipat-lipat menyesuaikan ukuran. Untuk mengangkat piton ini dibutuhkan lima orang dewasa.
Warga Cirebon Tangkap Piton Sepanjang 4,5 Meter di Sarang WaletUlar itu diamankan ke rumah warga. Foto: Tri Ispranoto

(bbn/bbn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed