DetikNews
Selasa 09 Mei 2017, 23:50 WIB

Cerita Warga saat TNI Sukabumi Tangkap Penipu Undian Berhadiah

Syahdan Alamsyah - detikNews
Cerita Warga saat TNI Sukabumi Tangkap Penipu Undian Berhadiah Personel TNI menangkap komplotan penipu modus undian berhadiah di Sukabumi. Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Warga setempat mendengar kegaduhan di sebuah rumah yang ternyata dihuni komplotan penipu modus undian berhadiah. Rupanya personel TNI Intel Kodim 0607 Sukabumi tengah menggerebek markas sekaligus 'kantor' sindikat penipuan.

Sejumlah anggota TNI menangkap delapan orang yang menempati rumah mewah di Blok H2 No.1, Perumahan Genting Puri II, Jalan Pangkajene, Kecamatan Cibereum, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (9/5/2017) dini hari, sekitar pukul 01.30 WIB. Sejumlah tetangga mengaku mendengar beberapa kali teriakan saat anggota TNI proses penggerebekan.

"Saya enggak berani keluar. Diam saja di dalam rumah karena kaget. Tapi memang ada suara seperti pintu didobrak, lalu disusul beberapa kali teriakan," kata Nurida (53), warga yang tinggal paling dekat dengan markas para pelaku, Selasa malam (9/5/2017).

Baca juga: Penipu Modus Undian Berhadiah di Sukabumi Buang Barbuk ke Sumur

Rumah satu lantai ini bertembok putih dan merah dengan pagar bercat cokelat. Nurida mengaku tidak mengenal penghuni rumah yang mengisi kontrakan tersebut. Ia mengira rumah milik perempuan inisial Y itu kondisi tak berpenghuni.

"Saya pikir awalnya kosong. Pernah sih saya mendengar ada suara kayak yang ramai, terus ada kendaraan boks barang parkir di depan. Saya kira ini dikontrakan sebulan-sebulan atau gimana, kalau saya dengar tadi mereka sudah di sini selama satu tahun," tuturnya.

Nurida beberapa kali sempat melihat ada yang bersih-bersih di halaman rumah berpagar tinggi itu. Sesekali pagar rumah terbuka dan terlihat seorang perempuan belanja sayuran kepada pedagang keliling.

"Saya sungkan mau ajak ngobrol, karena mereka sendiri jarang bersosialisasi," ujar Nurida.

Baca juga: Komplotan Penipu Undian Berhadiah 'Ngantor' di Perumahan Mewah

Kasdim Kodim 0607 Sukabumi Mayor Inf Suparno mengatakan terungkapnya kasus ini berdasarkan laporan dari warga. "Modusnya menyebar pesan singkat yang menyebut penerima pesan itu mendapat hadiah hasil undian mengatasnamakan Bank BRI, lalu diarahkan ke website. Mereka diduga sudah beraksi selama satu tahun," kata Suparno di markas Kodim 0607 Sukabumi, Jalan RA Kosasih, Kota Sukabumi.

Petugas menyita sejumlah barang bukti berupa 36 ponsel, 236 modem, 14 laptop, 16 USB, buku catatan, 857 SIM card, uang sebesar Rp 38 juta dan beberapa buku rekening.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed