DetikNews
Selasa 09 Mei 2017, 21:42 WIB

TNI Bekuk Komplotan Penipu Undian Berhadiah di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
TNI Bekuk Komplotan Penipu Undian Berhadiah di Sukabumi TNI menangkap komplotan penipu undian berhadiah di Sukabumi. Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Komplotan penipu modus undian berhadiah via online dibekuk anggota TNI Kodim 0607 Sukabumi. Mereka disinyalir telah beraksi selama satu tahun.

Kasdim Kodim 0607 Mayor Inf Suparno mengatakan kawanan penipu tersebut ditangkap di sebuah rumah kontrakan, Jalan Pangkajene, Kecamatan Cibereum, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (9/5/2017) dini hari, sekitar pukul 01.30 WIB.

"Ada delapan orang yang diamankan Unit Intel. Modusnya menyebar pesan singkat yang menyebut penerima pesan itu mendapat hadiah hasil undian mengatasnamakan Bank BRI, lalu diarahkan ke website. Mereka diduga sudah beraksi selama satu tahun," kata Suparno di markas Kodim 0607 Sukabumi, Jalan RA Kosasih, Kota Sukabumi, Selasa petang (9/5/2017).

Mereka yang diamankan tentara terdiri tujuh pria yaitu Abdurrahman (34), M Tamsir (24), Rusli (27), Usman (24), Eko (32), Danu (20) dan Yudi alias Iwan Bone (34), serta satu perempuan Deti (34).

"Mereka perannya berbeda, ada sebagai penyebar pesan singkat, ada mengambil uang yang sudah masuk ke ATM dan penerima telepon. Kalau otak pelakunya Yudi alias Iwan Bone," ujar Suparno.

Petugas menyita sejumlah barang bukti berupa 36 ponsel, 236 modem, 14 laptop, 16 USB, buku catatan, 857 SIM card, uang sebesar Rp 38 juta dan beberapa buku rekening.

"Mereka kita serahkan ke pihak Polres Sukabumi Kota. Kita awalnya menerima laporan dari warga, jadi berdasarkan laporan itu kami bergerak. Semua yang kita amankan berikut barang buktinya diserahkan ke polisi," tutur Suparno.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed