DetikNews
Jumat 21 April 2017, 22:31 WIB

Puting Beliung Rusak Kandang Ayam dan Rumah Warga di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Puting Beliung Rusak Kandang Ayam dan Rumah Warga di Sukabumi Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Hujan deras disertai puting beliung menerjang perkampungan warga di Sukabumi. Kandang ayam dan rumah warga terdampak sapuan angin. Peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Kejadian puting beliung terjadi di Kampung Babakan Pamoyanan, RT 01 RW 06 Desa Selawangi, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (21/4/2017), sekitar pukul 16.00 WIB.

Hantaman angin itu mengakibatkan dua kandang ayam berukuran 25 x 15 meter persegi milik warga, Dede Heriyana (60), rata dengan tanah. Kuatnya angin tersebut turut menumbangkan pohon petai berukuran besar hingga menimpa satu unit rumah warga yang berjarak 15 meter dari kandang ayam.

"Saat kejadian, hujan deras disertai angin puting beliung datang bergemuruh. Beberapa kali terdengar suara brak-brak. Hanya beberapa detik berlalu, saya periksa ternyata kandang ayam yang berada di dekat rumah hancur rata dengan tanah," tutur Irfan Heriyana (42), putra pemilik kandang ayam, kepada detikcom di lokasi.

"Pas saya periksa, pohon petai berukuran besar di belakang itu tumbang menimpa bagian dapur rumah saya," ucapnya menambahkan.
Puting Beliung Rusak Kandang Ayam dan Rumah Warga di SukabumiFoto: Syahdan Alamsyah
Sewaktu puting beliung datang, ia bersama istri dan empat orang anaknya berada di dalam rumah. Irfan sudah melaporkan kejadian itu kepada pihak desa, yang berkoordinasi dengan BPBD setempat.

"Kandang ayam rata dengan tanah, rencananya besok baru mau di isi 5.000 ekor ayam. Meski kandang dalam keadaan kosong, nilai kerugian akibat kerusakan ini ditaksir mencapai Rp 150 Juta. Selain bangunan ada peralatan juga di dalamnya," ujar Irfan.
(bbn/bbn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed