DetikNews
Jumat 21 April 2017, 18:15 WIB

Pilgub Jabar 2018, Demokrat Siapkan Dede Yusuf dan Iwan Sulandjana

Mukhlis Dinillah - detikNews
Pilgub Jabar 2018, Demokrat Siapkan Dede Yusuf dan Iwan Sulandjana Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Partai Demokrat sudah menyiapkan dua nama untuk maju dalam Pilgub Jabar 2018. Kedua nama itu yakni Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf dan Ketua DPD Demokrat Jabar Iwan Sulandjana.

Kedua kader Partai Demokrat itu muncul dalam survei internal. Namun tidak menutup kemungkinan muncul nama lainnya dalam penjaringan yang diperkirakan berlangsung pada bulan depan.

"Untuk Pilgub Jabar, Partai Demokrat sementara baru dua nama. Saya sama Dede Yusuf. Nanti kita masih punya waktu Mei dan Juni menunggu hasil penjaringan. Bisa saja muncul nama lain," kata Iwan saat ditemui di kantor DPD Demokrat Jabar, Jalan Sinom, Kota Bandung, Jumat (21/4/2017).

Iwan menjelaskan Partai Demokrat hanya memilkii 12 kursi di dewan. Sehingga, partai berlambang Mercy itu harus berkoalisi dengan partai lainnya untuk kuota minimal 20 kursi.

Lebih lanjut dia menuturkan Partai Demokrat sudah melakukan komunikasi dengan berbagai partai terkait Pilgub Jabar. Termasuk menjalin komunikasi dengan beberapa calon di luar partai.

"Komunikasi dengan berbagai pihak sudah kami lakukan, tapi belum ada keputusan akan berkoalisi dengan siapa (partai). Kami masih melihat hasil survei seperti apa sebelum memutuskan nanti," jelas dia.

Mantan Pangdam III/Siliwangi ini menyebut dengan jumlah kursi yang ada saat ini, kemungkinan besar Partai Demokrat akan mengirimkan calon gubernur untuk berkoalisi. Namun, tetap berpatok pada hasil survei.

"Kalau nantinya hasil survei ternyata kader dari koalisi kita lebih tinggi dukungannya, bisa jadi berubah. Karena dinamis atau flesksibel," ungkap Iwan.

Pada Pilgub Jabar 2013 lalu, Demokrat mengusung Dede Yusuf-Lex Laksamana. Perolehan suaranya paling buncit dibandingkan pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki dan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar yang memenangkan Pilgub saat itu.


(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed