DetikNews
Jumat 21 April 2017, 12:19 WIB

Suasana Ceria Siswa SD Cikopo Bandung Rayakan Hari Kartini

Wisma Putra - detikNews
Suasana Ceria Siswa SD Cikopo Bandung Rayakan Hari Kartini Foto: Wisma Putra
Kabupaten Bandung - Ratusan siswa SDN 1 Cikopo Bandung memperingati Hari Kartini di sekolahnya. Suasana ceria tergambar dari wajah para bocah ini. Pada perayaan Hari Kartini tahun 2017 ini mereka merayakannya dengan menggelar lomba tumpeng.

Kepala Sekolah SDN 1 Cikopo Agus Turnawan mengatakan setiap kelas melombakan dua sampai empat tumpeng. Ada sekitar belasan tumpeng dari enam kelas dilombakan dan dinilai oleh para guru.

"Kegiatan ini sepenuhnya inisiatif siswa. Pihak sekolah mendukung peringatan Hari Kartini. Siswa mau lomba tumpeng, kami setuju. Ini kegiatan positif," kata Agus di SDN 1 Cikopo, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/4/2017).

Sewaktu proses penilaian, sekitar 268 siswa dari kelas 1-6 siswa diajak pawai sambil berjalan kaki ke Jalan Raya Laswi Ciparay. Murid lelaki memakai pangsi hitam, sedangkan perempuan menggunakan kebaya.

Usai konvoi, sejumlah siswa kompak bernyanyi lagu 'Ibu Kita Kartini' bersama para guru yang diiringi piano. Agus berharap, melalui acara ini para siswa di SDN 1 Cikopo dapat meneladani sosok Kartini.

"Semoga keteladanan Kartini yang ada di masa lalu, tumbuh di generasi sekarang untuk menumbuhkan bangsa dan negara," ujar Agus.

Tumpeng-tumpeng tersebut dibuat oleh orang tua siswa dengan biaya patungan antara siswa di setiap kelompoknya.

Salah satu siswa kelas IV, Gista Asri Lostiowati (10), mengaku senang dapat memperingati Hari Kartini di sekolahnya. "Senang sekali, Kartini adalah sosok pahlawan yang menjadi panutan. Melihat perjuangannya saya akan belajar sampai pintar agar seperti sosok Kartini," katanya.

Ungkapan serupa disampaikan siswa lainnya, Suci Rahmawati (12). "Tanpa Ibu Kartini sepertinya kaum wanita masih tertindas. Terimakasih bu, pengabdian ibu kepada negara ini sangat menginspirasi saya," ujar Suci.

Sosok Kartini, di mata Suci ialah figur perempuan ke tiga yan menginspirasi setelah ibu dan neneknya. "Ibu, nenek dan Ibu Kartini itulah sosok yang membuat saya semangat belajar," ucap Suci.
(bbn/bbn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed