DetikNews
Kamis 20 April 2017, 16:39 WIB

2 Gerbong Rail Clinic Layani Warga Cianjur

Syahdan Alamsyah - detikNews
2 Gerbong Rail Clinic Layani Warga Cianjur Foto: Syahdan Alamsyah
Cianjur - Dua rangkaian gerbong Kereta Api (KA) Rail Clinic terparkir di salah satu jalur rel yang berada di Stasiun Cianjur. Klinik berjalan tersebut sengaja didatangkan untuk melayani pemeriksaan kesehatan warga yang tinggal di sekitar lingkungan rel dan Stasiun KA.

Rail Clinic yang melayani warga Cianjur tersebut ialah generasi pertama KA layanan kesehatan yang mobile ke sejumlah tempat di Jawa Barat. Sebelum di Cianjur, KA berwarna putih biru itu sudah lebih dulu bertugas di Tasikmalaya dan Cirebon.

"Hari ini kami melayani 300 warga masyarakat yang tinggal di Stasiun Cianjur, untuk layanan medis sendiri kita ada poli umum, poli mata, pemeriksaan EKG atau Jantung, USG untuk pemeriksaan Kehamilan, Poli Gigi dan juga laboratorium," kata Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop II Bandung Joni Martinus di Stasiun Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (20/4/2017).
2 Gerbong <i>Rail Clinic</i> Layani Warga CianjurFoto: Syahdan Alamsyah
Khusus di Cianjur, petugas layanan medis Rail Clinic menyiapkan kacamata gratis bagi anak usia Sekolah Dasar (SD). "Kita bagi-bagi kacamata untuk anak-anak SD selain itu hari ini kami juga memberikan bantuan dana untuk rehab bangunan salah satu fasilitas pendidikan di sekitar stasiun," ujar Joni.

Di tempat yang sama, Manajer Kesehatan PT KAI Daop II Bandung Wahyo Komantri menyebutkan peserta pengobatan gratis ini khusus warga yang kurang mampu. "Kita koordinasi dengan pihak kesehatan setempat, ada 300 kupon kesehatan dan pengobatan gratis yang kita sebar. Namun ternyata yang datang sampai 350 an, meski begitu tetap kita layani," ucap Wahyo.
2 Gerbong <i>Rail Clinic</i> Layani Warga CianjurFoto: Syahdan Alamsyah
Dalam dua gerbong Rail Clinic berisi 18 kru yang terdiri 4 dokter umum, 2 dokter gigi, 2 apoteker, 2 dokter mata dan 1 bidan. Sisanya perawat dan analis laboratorium.

"Kami selalu mobile dari satu daerah ke daerah lainnya dan melibatkan tenaga medis dari Daop setempat. Ini adalah bentuk layanan lain dari PT KAI kepada masyarakat selain layanan jangkauan transportasi," tutur Wahyo.
2 Gerbong <i>Rail Clinic</i> Layani Warga CianjurFoto: Syahdan Alamsyah

(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed