DetikNews
Selasa 04 April 2017, 15:32 WIB

46.582 Keluarga di Purwakarta Dapat Jatah Beras Sejahtera

Mukhlis Dinillah - detikNews
46.582 Keluarga di Purwakarta Dapat Jatah Beras Sejahtera Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi berpesan kepada aparat desa agar menyelesaikan administrasi dan penyaluran rastra secara baik. Foto: Mukhlis Dinillah
Purwakarta - Bulog Sub Divre Subang (Meliputi Subang dan Purwakarta) mulai menyalurkan jatah beras sejahtera (rastra) untuk Kabupaten Purwakarta. Penyaluran tahap awal, Januari - Maret 2017 ini, sebesar 2.096,16 kilogram dan ditujukan kepada 46.582 keluarga penerima manfaat (KPM).

Kepala Bulog Sub Divre Subang Dedi Aprilyadi mengatakan keterlambatan penyaluran rastra 2017 diakibatkan adanya penurunan pagu (jumlah KPM) secara nasional. Untuk Purwakarta mengalami penurunan pagu sebesar 3,76 persen dibandingkan pada 2016.

"Tahun ini ada keterlambatan karena ada penurunan pagu. Sehingga harus ada penyesuaian lagi antara data baru dengan jumlah rastra yang kami distribusikan," kata Dedi saat penyaluran perdana rastra 2017 di Pemda Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (4/4/2017).

Ia menjelaskan, jatah rastra untuk Purwakarta pada 2017, setiap bulannya sebesar 698,730 kilogram atau setara satu tahun mencapai 8.384.760 kilogram. Setiap KPM akan mendapatkan 15 kilogram beras dengan biaya yang dikeluarkan masyarakat Rp 1.600 perkilogram.

"Untuk subsidi beras ini tidak berubah, baik jumlah dan biaya yang dikeluarkan KPM. Penurunan pagu ini sebenarnya bagus, artinya kesejahteraan masyarakat di Purwakarta meningkat," ucap Dedi.

Dedi menuturkan, ketersediaan rastra untuk Purwakarta sudah terjamin untuk lima bulan mendatang. Tidak hanya hanya memastikan secara kuantitas, namun juga kualitas beras yang didistribusikan. Tahun ini diharapkan proses penyaluran dan administrasi rastra berjalan lancar.

"Tahun lalu baik administrasi dan penyaluran di Purwakarta berjalan lancar. Kami harapkan tahun ini juga seperti itu. Kami juga berusaha menjamin kuantitas dan kualitas rastra," ujarnya.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi berpesan kepada aparat desa agar menyelesaikan administrasi dan penyaluran rastra secara baik. Sehingga, sambung dia, jatah rastra ini bisa tepat sasaran dengan kuantitas dan kualitas terjamin.

"Tahun ini penyaluran harus berjalan dengan baik. Jangan sampai penyaluran atau pembayaran terlambat," kata Dedi
(bbn/bbn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed