DetikNews
Senin 20 Maret 2017, 20:49 WIB

Dua Pelaku Pembunuhan Ketua Geng Motor di Cirebon Ditangkap

Tri Ispranoto - detikNews
Dua Pelaku Pembunuhan Ketua Geng Motor di Cirebon Ditangkap Foto: Tri Ispranoto
Cirebon - Timsus Satreskrim Polresta Cirebon berhasil menangkap dua pelaku pembacokan terhadap, Eman Suherman (27), yang tewas bersimbah darah. Eman yang merupakan ketua geng motor itu mengalami tujuh luka bacokan pada Jumat 17 Maret 2017 dinihari sekitar pukul 2.30 WIB lalu.

Kapolresta Cirebon, AKBP Adi Vivid Agustiadi Bachtiar mengungkapkan korban Eman selama ini dikenal sebagai Ketua Geng Motor Moonraker (M2R). Dia menjadi incaran para pelaku lantaran dianggap telah berbuat onar karena melakukan ancaman pembunuhan.

"Dalam waktu sekitar dua jam kejadian kita berhasil tangkap dua pelaku berinisial DF alias P (20) dan A alias I (19)," ujar Adi di Mapolresta Cirebon, Senin (20/3/2017) sore.

Kedua pelaku, kata Adi, berperan sebagai mata-mata sekaligus orang yang menendang korban hingga terjatuh. Sementara dua pelaku lainnya, A alias C (27) dan R (19), sebagai pelaku utama yang melakukan pengeroyokan dan pembacokan masih diburu polisi.

Dari hasil penyelidikan, korban mengalami tujuh luka bacokan yang kesemuanya berada di punggung. Sementara dari ketujuh bacokan tersebut hanya menyebabkan luka terbuka dan tidak ada yang mengenai organ vital. Korban sendiri dinyatakan meninggal dunia karena kehabisan banyak darah saat di lokasi kejadian.

Soal motif, Adi mengatakan, pembunuhan yang masuk dalam kategori berencana itu didasari oleh dendam. "Ini dendamnya bukan antar geng. Tapi dua orang ini (pelaku) sering diancam oleh korban yang merupakan ketua geng motor," katanya.

Lebih lanjut Adi mengaku tim sudah mengetahui identitas kedua tersangka utama. Bahkan pihak keluarganya pun telah diimbau untuk menyerahkan kedua tersangka secara baik-baik. "Atau kita akan lakukan tindakan tegas karena ini kasus pembunuhan berencana," tegas Adi yang merupakan anak mantan Kapolri era 2001-2005, Da'I Bachtiar itu.

Selain mengamankan kedua tersangka, polisi juga menyita satu unit motor Yamaha Xeon puhin E 6477 IQ yang digunakan saat mengejar dan menendang motor korban.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, kedua tersangka sudah ditahan di Rutan Satreskrim Polresta Cirebon. Keduanya dijerat dengan Pasal 340 jo 170 KUHPidana mengenai pembunuhan berencana dengan ancaman maksimal hukuman mati.
(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed