Ditpolair Polda Jabar Tangkap Pelaku Ilegal Fishing di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 07 Mar 2017 09:03 WIB
Foto: Istimewa
Sukabumi - Tim Subdit Penegakan Hukum (Gakkum) Ditpolair Polda Jawa Barat tangkap empat pelaku ilegal fishing di areal Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dari tangan pelaku polisi mengamankan sebanyak 1.600 Benur atau anakan udang lobster dari salah satu lapak.

Kabid Humas Polda Jabar Kombespol Yusri Yunus dalam keterangannya kepada detikcom, Selasa (7/3/2017) menyebutkan empat pelaku yang ditangkap berperan sebagai pengepul yang memperjual belikan benur hasil tangkapan nelayan tersebut.

"Tim Subdit Gakkum Ditpolair Jabar bergerak pada Minggu (5/3) kemarin, dari salah satu lapak kita berhasil mengamankan sebanyak 1.600 benur lobster berikut 4 orang pengepulnya," terang Yusri.

Selain ribuan benur, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti lain berupa peralatan pengisian oksigen, keranjang plastik wadah kemasan benur. "Tersangka dan BB selanjutnya dibawa ke Makodit Polair Polda Jabar di Cirebon untuk pemeriksaan lebih lanjut," imbuh Yusri.

Penangkapan Benur sendiri dijelaskan Yusri dianggap melanggar hukum karena telah diatur dengan pasal 88 UU no 31 th 2004 tentang Perikanan junto pasal 55, 56 KUHP junto Permen KP no 1 tahun 2015 yang diperbarui dengan Permen KP no 56 th 2016 tentang penangkapan Lobster, kepiting dan rajungan.

"Karena barang bukti benur tersebut terbatas daya tahan hidupnya kita berkoordinasi dengan kantor Karantina Hewan Propinsi Jabar untuk kemudian dititipkan dan dilepaskan kembali ke habitatnya di Perairan Pangandaran pada Senin, 6 Maret 2017 pukul 10.00 WIB kemarin, untuk kepentingan penyidikan, penuntutan dan peradilan sebanyak 50 ekor disisihkan," tutup Yusri.

(ern/ern)