detikNews
Jumat 14 Oktober 2016, 13:23 WIB

4.562 Petugas Gabungan Kawal Peparnas XV di Bandung

Masnurdiansyah - detikNews
4.562 Petugas Gabungan Kawal Peparnas XV di Bandung Lokasi upacara pembukaan Peparnas 2016 di Stadion Siliwangi Bandung. Foto: Masnurdiansyah
Bandung - Sebanyak 4.562 personel gabungan siap mengawal kegiatan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat yang berlangsung di Kota Bandung. Petugas dari unsur TNI, Polri dan Satpol PP melaksanakan pengamanan mulai dari kedatangan para atlet hingga pengawalan menuju arena pertandingan.

"Kita akan all out untuk melakukan pengamanan. Termasuk upacara pembukaan dan penutupan. Kemudian pengamanan di tempat penginapan para atlet dan pertandingan," ucap Wakapolda Jabar Brigjen Pol Nana Sudjana di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Jumat (14/10/2016).

Even olahraga bagi atlet berkebutuhan khusus ini berlangsung di Kota Bandung pada 15-24 Oktober 2016. Ada sekitar 2.000 orang dari 29 provinsi di Indonesia siap berlomba menorehkan prestasi untuk 13 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dijadwalkan membuka resmi upacara pembukaan Peparnas XV yang dihelat di Stadion Siliwangi pada Sabtu 15 Oktober 2016, pukul 15.30 WIB. Rangkaian acara tersebut antara lain kirab obor Peparnas dari Gedung Pakuan menuju Stadion Siliwangi.

"Kita kerahkan 2.200 personil untuk mengamankan upacara pembukaan," kata Nana.

Polisi memberlakukan penutupan jalan di sekitaran Stadion Siliwangi demi kelancaran para atlet serta ofisial, tamu VIP dan VVIP yang hadir ke lokasi upacara pembukaan.

Setiap hari pihak keamanan bersiaga memberikan kenyamanan kepada tamu yang datang ke Kota Bandung dan masyarakat. Nana menegaskan, pengamanan Peparnas kali ini akan lebih baik dari pengamanan PON XIX Jabar.

"Kebetulan kegiatan Peparnas hanya terpusat di satu wilayah saja yaitu Kota Bandung. Jadi kita akan kerahkan seluruhnya baik TNI, Satpol PP dan Polrestabes Bandung yang juga di bantu oleh kita (Polda Jabar) untuk mengamankan Peparnas tahun ini," tutur Nana.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com