DetikNews
Jumat 23 September 2016, 11:53 WIB

Cerita Polisi yang Gagalkan Perampokan Kendaraan Pengangkut Uang Rp 106 M

Alamsyah - detikNews
Cerita Polisi yang Gagalkan Perampokan Kendaraan Pengangkut Uang Rp 106 M Foto: Alamsyah
Cianjur -

Kendaraan angkutan milik PT Abacus nyaris menjadi korban komplotan perampok sekitar pukul 02.00 WIB, Jumat (23/9/2016) dinihari. Namun usaha para pelaku berhasil digagalkan polisi. Mobil berisi uang Rp 106 miliar berhasil diselamatkan dan satu terduga pelaku diamankan.

Bripda Ricky Julianto anggota Dit Samapta Polda Jabar mengaku spontan saat menghentikan salah satu kendaraan pelaku yang terus berusaha memepet kendaraan yang dikawalnya. Berbekal senjata laras panjang yang dibawanya, Ricky dengan berani menghentikan laju salah satu kendaraan yang dibawa pelaku.

"Saya berangkat dari Sukabumi dengan tujuan Bandung, sekitar pukul 01.55 WIB.Di tengah perjalanan saya sudah mulai curiga ada dua kendaraan jenis Avanza berwarna hitam dan abu-abu terus mepet ke depan. Satu kendaraan yang warna hitam bahkan beberapa kali menyalip," kata Ricky di Polres Cianjur.

Penumpang kendaraan Avanza bahkan sempat beberapa kali menodongkan senjata genggam ke arah mobil angkutan uang tersebut. Melihat gelagat itu, Ricky meminta supir kendaraan dari PT Abacus bernama Regi (29) untuk tetap tenang dan fokus membawa kendaraannya.

"Saat itu di dalam kendaraan selain saya ada dua karyawan perusahaan bernama Regi dan Yogi (27). Saya minta supir untuk tetap fokus, dan sedikit berzigzag menghindari salah satu kendaraan pelaku yang mepet sambil menodongkan senjata api genggam," lanjutnya.

Aksi tersebut terus berlanjut hingga perempatan lampu merah tugu pramuka. Ricky lalu meminta pertolongan ke petugas yang berjaga di pos. Tiga anggota dari Polsek Karang Tengah kemudian berhamburan keluar.

"Saya turun dari kendaraan bersama anggota Polres Cianjur kemudian berusaha menghentikan kendaraan pelaku, satu mobil yang berwarna hitam melarikan diri ke arah Bandung, sementara satu kendaraan yang mepet di belakang berhenti begitu saya mengarahkan senjata laras panjang ke arahnya," sambungnya Ricky.

Kendaraan Avanza berwarna abu-abu itu berhasil dihentikan, hanya ada satu orang yang berada di dalam kendaraan itu. Hartadi Ganda Sukmana (29) supir kendaraan berhasil diamankan. Ketika dilakukan penggeledahan polisi menemukan barang bukti berupa 1 stel pakaian seragam PT Abacus berikut ID Card atas nama Irwan Angga Pratama.

Sementara itu, Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahayu membenarkan jika saat kejadian ada tiga anggota berjaga di Pos Polisi. Saat itu ketiganya baru selesai melakukan patroli geng motor.

"Ketiganya baru selesai berkeliling patroli rutin mencegah aksi geng motor. Ketika melihat ada kendaraan dengan kecepatan tinggi langsung parkir diiringi teriakan minta tolong ketiga anggota kita langsung bergegas keluar dan ikut menghentikan kendaraan itu," terang Guntur.

Satu kendaraan pelaku dan kendaraan milik PT Abacus berhasil diamankan berikut satu orang pelaku. Saat ini pelaku masih menjalani pemeriksaan intensif di Satreskrim Polres Cianjur.

"Apakah identitas itu palsu, atau terduga pelaku ini memang orang dalam masih kita selidiki. Saat ini dia masih kita periksa intensif di ruang Satreskrim Polres Cianjur," kata Asep.




(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed