DetikNews
Jumat 22 Juli 2016, 13:35 WIB

HUT Adhyaksa, Kajati Jabar Minta Anak Buahnya Jauhi Perbuatan Menyimpang

Mukhlis Dinillah - detikNews
HUT Adhyaksa, Kajati Jabar Minta Anak Buahnya Jauhi Perbuatan Menyimpang Kajati Jabar Setia Untung Arimuladi. Foto: Baban Gandapurnama/dok.detikcom
Bandung - Kajati Jabar Setia Untung Arimuladi mengingatkan para jaksa di jajarannya untuk menjaga nama baik institusi. Untung juga meminta seluruh semua anak buahnya dapat mencegah dan menjauhi segala bentuk perbuatan yang melanggar aturan hukum.

"Jauhkan perbuatan menyimpang dan ingat bahwa kita harus bisa menjaga nama keluarga, nama baik pribadi dan nama baik institusi," ucap Untung usai menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-56 di kantor Kejati Jabar, Jalan Martadinata, Kota Bandung, Jumat (22/7/2016).

Dia memiliki cara untuk menekan perilaku jaksa nakal. Langkah yang diterapkan yaitu peningkatan pengawasan melekat dan fungsional.

"Artinya pengawasan melekat harus setiap hari dilakukan oleh atasan langsung. Kalau ada anggota yang melakukan kegiatan diluar jalur hukum atau bahkan melanggar hukum, tentu atasan harus bertanggungjawab," ujarnya.

Menurut Untung, langkah mengoptimalkan pengawasan melekat dan fungsional ini dirasakan cukup memberikan efek yang signifikan. Angka pelanggaran oleh jaksa atau staf kejaksaan di jajaran Kejati Jabar, sambung dia, menurun dibanding tahun 2015.

"Artinya penurunan ini menunjukan fungsi pengawasan melekat dan fungsional berjalan baik. Sekarang tinggal bagaimana kita meningkatkan kepercayaan masyarakat saja," tuturnya.

Momentum hari jadi Korsp Adhyaksa ini, sambung Untung, harus dijadikan jalan bagi seluruh jajaran kejaksaan di Jabar untuk meningkatkan integritas, profesionalisme dan disiplin diri. Semua unsur kejaksaan harus memegang tujuan agar dalam melaksanakan tugas penegakan hukum selalu berorientasi pada rasa keadilan masyarakat.

"Serta harus tetap memerhatikan kepastian dan kemanfaatan hukum bagi masyarakat," ucap Untung.
Acara hiburan saat HUT Adhyaksa di Kejati Jabar. Foto: Mukhlis Dinillah
HUT ke-56 Adhyaksa di kantor Kejati Jabar dimeriahkan dengan acara hiburan. Salah satunya yang mengundang tawa hadirin yaitu aksi pria berdandan menirukan Syahrini, Inul Daratista dan Ayu Ting Ting.

Mereka tampak seolah bernyanyi alias lipsync. Sesekali 'artis' tersebut menghampiri sejumlah tamu undangan dan menggoda mereka. Riuh tawa dan tempuk tangan tamu undangan pun meramaikan suasana gembira ini.
(bbn/bbn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed